AMBON, Siwalimanews – Kepolisian Daerah Maluku mengelar pelatihan dan simulasi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Kali ini pelatihan dan simulasi yang dilakukan yakni terkait standarisasi kemampuan petugas penindakan dan pengamanan VIP Protection menjelang pelaksanaan pesta demokrasi pada 14 Februari 2024.

Para personel yang mengikuti kegiatan tersebut berasal dari Direktorat Samapta, Satuan Brimob, Pam Obvit dan petugas VIP Protection Polda Maluku. Kegiatan dilaksanakan di lapangan Letkol Pol Chr. Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Kamis (30/11).

Karo Ops Polda Maluku Kombes Asep Saepudin, selaku Karendal Opsda, mengungkapkan, pelatihan simulasi ini dilakukan untuk mematangkan kesiapan personel jika suatu saat terjadi tindakan anarkis atau konflik sosial. Personel harus disiapkan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang dapat menimbulkan kerusuhan saat Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

“Pelatihan ini menampilkan kondisi nyata di lapangan di mana personel mungkin saja berhadapan langsung dengan situasi yang tidak kondusif seperti aksi masa yang mendorong petugas, melempar dengan batu dan benda keras lainnya, sehingga dalam pelatihan inilah mental personel perlu dipersiapkan secara profesional,” katanya.

Baca Juga: Kuras Uang Daerah, Dewan Minta Hapus TGPP

Selain itu, pelatihan tersebut juga dilakukan untuk menyiapkan para personil agar lebih teliti, dan kecepatan dalam menggunakan peralatan PHH, saat berbagai kejadian- kejadian kontigensi terjadi di lapangan.

“Peragaan yang ditampilkan dalam pelatihan ini adalah peragaan percepatan dalam menggunakan rompi PHH yang diperagakan oleh Satuan Brimobda  Maluku dan satuan Ditsamapta Polda Maluku, serta tata cara pelaksanaan pengamanan VIP dan VVIP yang dilaksanakan oleh personil Ditpam Obvit dalam pelaksanaan kunjungan calon Presiden dan Calon Wakil Presiden dalam melaksanakan tahapan kampanye di provinsi Maluku,” ungkapnya.

Asep berharap kegiatan yang dilaksanakan ini dapat membuat anggota penindak PHH dan VIP Protection paham akan SOP penindakannya karena telah mendapatkan materi dari assesor.

Selain itu, anggota lebih percaya diri dalam penggunaan senjata laras licin / gas air mata dan prosedur VIP Protection; Anggota secara legalitas mendapatkan Surat Keterangan telah mengikuti Standarisasi Kemampuan sebagai Penindak PHH dan VIP Protection; Ini merupakan Pra Sertifikasi untuk langkah berikutnya untuk mendapatkan Sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Polri (LSP) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) terkait sebagai Penindak Pada PHH dan VIP Protection; Seluruh perserta Standarisasi Kompetensi Penindak Pada PHH dan VIP Protection ini ada personil yang terlibat OMB Salawaku 2023/2024 Tahapan Pengamanan Pemilu baik dari Satbrimob, Ditpam Obvit dan Ditsamapta Polda Maluku.

Pada kegiatan tersebut, tim Koorps  Brimob Mabes Polri juga melaksanakan pengecekan terhadap senpi yang akan digunakan pada saat pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024.

Untuk diketahui, kegiatan ini telah diawali dengan Pra Sertifikasi Standarisasi Kemampuan personel yang berlangsung pada Rabu (29/11). Kegiatan dibuka oleh Dansat Brimob Daerah Maluku Kombes  Dostan Matheus Siregar. (S-10)