NAMROLE, Siwalimanews – Sejumlah pejabat eselon II dan III di Lingkup Pemrintah Kabupaten Buru Selatan bergeser. 11 Pejabat eselon II dilantik dan diambil sumpahnya berdasarkan SK Bupati Nomor 823/192/2022, sementara 7 pejabat eselon III atau tenaga administrator dilantik berdasarkan SK Nomor 800/193 tahun 2022 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil dalam Jabatan Administrator di lingkup Pemda Bursel.

Mereka yang dilantik yakni, Alfari S Soumokil sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Ahmad Sahubawa sebagai Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ibrahim Banda sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Hamis Souwakil sebagai Asisten Bidang Administrasi Umum, Hadi Longa sebagai Kepala BPBD, Ismid Thio sebagai Inspektur Pada Inspektorat.

Selanjutnya, Awat Mahulauw sebagai Kadis Pemuda dan olahraga, Ruslan Makatita sebagai Kadis Pencatatan sipil, Umar Mahulette sebagai Sekretaris DPRD, Hakim Tuankotta sebagai Kadis perhubungan, dan Lukman Soulissa sebagai Kadis PUPR.

Sementara untuk pejabat Administrator yakni, Dominggus A Lesnussa sebagai Sekretaris Satpol PP, Muhammad Djafar Souwakil sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata, Abas Tamher sebagai Sekretaris Dinas Sosial, Muhammad Ali Soulissa sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan, Novi A E Solissa sebagai Sekretaris Dinas Pemuda dan Olah Raga, dan Soilaman Loilatu sebagai Sekretaris Disperindag.

Bupati dalam sambutannya saat melantik para pejabat ini di depan kantor Bupati, Selasa (11/10) mengatakan, rotasi, mutasi, dan promosi jabatan yang dilaksanakan atas dasar pertimbangan dari berbagai aspek, terutama aspek kepegawaian, dan sudah tentu berdasarkan peraturan perundang-undang yang berlaku.

Baca Juga: Tuasikal Bagi Bansos dan Jaring Aspirasi di Negeri Hitu Lama

Selain itu, pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan tinggi pratama pada hari ini adalah tindak lanjut dari hasil ujian kompetensi yang telah dilaksanakan di bulan Mei 2022 lalu.

“Pelaksanaan uji kompetensi saat itu telah mendapatkan persetujuan Mendagri melalui surat dengan Nomor X.821.2/070/IJ tertanggal 22 April 2022, perihal rekomendasi pembentukan Panitia Seleksi JPT Pratama Inspektur Daerah Kabupaten Bursel,” ucap Safitri.

Hal ini juga kata Safitri, diperkuat dengan surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor B-1603/JP.00.01/04/2022 tanggal 22 April 2022, perihal rekomendasi rencana evaluasi kinerja dan uji kompetensi pejabat pimpinan tinggi pratama, dalam rangka mutasi dan rotasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bursel.

Dari rangkaian pelaksanaan tersebut, kemudian disampaikan laporan hasil pelaksanaan uji kompetensi oleh pemkab kepada Komisi Aparatur Sipil Negara.

“Maka sesuai surat Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor 8B-2187/JP.00.01/09/2022 tertanggal 12 September 2022, perihal rekomendasi hasil uji kompetensi, dalam rangka mutasi dan rotasi di lingkungan Pemkab Bursel, sehingga hari ini dapat dilaksanakan pelantikan dimaksud,” jelas Safitri.

Safitri berharap, jabatan baru yang diemban dapat dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab, serta berkontribusi maksimal dalam membangun Kabupaten Bursel ke arah yang lebih baik.

Pelantikan pada hari ini, tentunya merupakan upaya penyegaran untuk meningkatkan motivasi para pejabat agar lebih meningkatkan motivasi kerja para pejabat agar lebih meningkatkan semangat kerja dan kinerja di OPD masing-masing.

Selain itu, pelantikan ini juga bertujuan, untuk menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, juga menempatkan orang yang tepat pada tempatnya, dan menduduki jabatan sesuai kemampuannya.

“Saya mau mengingatkan kepada para pejabat yang baru dilantik, untuk bekerja keras dan menjaga keselarasan, agar semua pekerjaan terutama yang menjadi prioritas dapat terlaksana dengan baik, cepat dan tepat. Bekerjalah sesuai dengan kewenangan saudara dan tidak memutuskan masalah yang bukan kewenangannya, serta pergunakanlah fasilitas sesuai dengan pangkat dan jabatan saudara-saudara,” pinta Safitri. (S-16)