AMBON, Siwalimanews – Salah satu agenda Kongres XXIX AMGPM dalam kaitan dengan suksesi kepemimpinan resmi selesai dengan menetapkan Melkianus Sairdekut sebagai Ketua Umum Pengurus Besar AMGPM periode 2020-2025.

Terpilihnya Sairdekut sebagai ketua umum setelah melalui proses pemilihan bakal calon yang memperebutkan 265 suara dari 34 daerah di wilayah Maluku dan Maluku Utara, dimana Sairdekut berhadapan dengan Pendeta Yondri Paays yang memenuhi syarat sebagai calon ketua umum.

Pantauan Siwalimanews Rabu (28/10), proses pemilihan yang berlangsung sejak pukul 18.00 WIT hingga Kamis (29/10) dini hari sekitat 01.00 WIT ini dilakukan secara virtual pada tujuh spot yang telah ditetapkan. Saat proses perhitungan suara baik Sairdekut maupun Paays bersaing ketat, hingga akhirnya Sairdekut keluar sebagai pemenang.

Sesuai dengan hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh majelis ketua didampingi oleh saksi-saksi dari total 265 suara, Siardekut berada pada urutan pertama dengan memperoleh 134 suara, sementara Pendeta Yondri Paays yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Umum PB AMGPM mendapatkan 129 suara, sednagkan satu suara dinyatakan tidak sah.

Usai melakukan perhitungan suara dan mendapatkan hasil, maka Sairdekut kemudian ditetapkan Majelis Ketua Kongres yang dipimpin oleh Wempy Waas sebagai Ketua Umum  PB AMGPM periode 2020-2025 berdasarkan Surat Keputusan Kongres XXIX AMGPM Nomor 13/KPTS/K-XXIX/2020.

Baca Juga: Ketua Sinode Dikritik, Kongres AMGPM Memanas

Sementara pada posisi Sekretaris Umum, berdasarkan hasil perhitungan suara pada tahapan bakal calon menempatkan Pendeta Yondri Paays dan Pendeta Richard Resley sebagai bakal calon dengan perolehan suara 97 melawan 71 dan diikuti oleh bakal calon lainnya.

Berdasarkan hasil pemilihan itu, oleh majelis ketua melakukan pengujian sesuai kriteria yang telah ditetapkan, namun Pendeta Yondri Paays menyatakan tidak bersedia menjadi calon sekum dan sesuai aturan, maka jika hanya satu bakal calon maka ditetapkan sebagai sekretaris umum terpilih.

Akhirnya oleh majelis ketua menetapkan Pendeta Richard Resley sebagai Sekum PB AMGPM masa jabatan 2020-2025 yang nantinya akan dibantu oleh pengurus lainnya. (Cr-2)