AMBON, Siwalimanews – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pengabdian untuk negeri, itulah tema yang diusung tahun ini. Untuk yang ke-109, serentak resmi dibuka  di dua tempat, yakni di Kodim 1506/Namlea dan Kodim 1508/ Tobelo Selasa (22/9).

Dalam acara pembukaan itu, sejumlah pejabat yang menandatangani berita acara antara lain Bupati Buru, Ramli I Umasugi dan Dandim 1506/Namlea, Letkol Arh Agus Guwandi. Sedangkan di wilayah Tobelo, berita acara ditandatangani oleh Bupati Halut, Ir. Frans Manery dan Dandim 1508/Tobelo yang diwakili oleh Mayor Inf Rusmin.

Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan di kedua wilayah tersebut menyasar program fisik dan non fisik seperti pembangunan jalan setapak, pembuatan MCK, drainase dan fasilitas lainnya. Untuk program non- fisik, diantaranya penyuluhan bidang pertanian, pendidikan, keagamaan hingga kesehatan yang berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

Kapendam XVI/Pattimura, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan mengatakan, TMMD hadir untuk meningkatkan akselerasi pembangunan, baik dari aspek infrastruktur maupun SDM. Sehingga akan tercapai pemerataan bagi wilayah yang masih tertinggal. “Kami berharap ditengah pandemi Covid-19 ini, TMMD ke-109 ini dapat berjalan lancar, tentunya dengan memperhatikan protokol kesehatan dan hasilnya dapat dirasakan masyarakat secara nyata. Ekonomi meningkat, kegiatan sehari- hari menjadi efektif dan efisien” ujarnya. (S-32)