PIRU, Siwalimanews – Puluhan orang guru jenjang pendidikan tingkat SD, SMP, hingga SMA dan SMK mengikuti ijian pasca sarjana lewat program studi diluar kampus utama Universitas Pattimura di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Kordinator Bidang Studi Manejemen Pendidikan Unpatti, Sumarni Rumpot menjelaskan, ujian pasca sarjana yang di laksanakan di SBB ini merupakan hal yang luar biasa atas kerja sama Unppati dan Pemkab SBB.

“Ini merupakan salah satu pengembangan suber daya dalam hal pendidikan dan kualifikasi pendidikan bagi guru baik itu kepala sekolah maupun guru,” jelasnya.

Diungkapkan, ujian yang dilaksanakan saat ini merupakan tahapan pertama untuk pemerintah daerah dan akan ada lagi tahap kedua.

Untuk itu Rumpot menghimbau, kepada guru-guru agar dapat melihat produk yang dihasilkan Unpatti sebab ada yang pernah lulus dengan predikat cumlaude

“Dengan adanya Pasca Sarjana ini para guru di SBB bisa mengambil satu langkah maju dalam hal untuk kualifikasi pendidikan kedepan, karena kepala sekolah membutuhkan kualifikasi pendidikan salah satunya magister pendidikan,” jelasnya.

Sementara Wadin I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Pasca Sarjana Unpatti Maria Nindatu mengungkapkan, Program Studi Manejemen pendidikan mengeluarkan pasca sarja di SBB yang memenuhi kualifikasi pendidikan.

“Dengan adanya magister pendidikan, ini merupakan suata kerja sama yang luar biasa dalam menciptakan kualitas suber daya para guru di SBB,” tuturnya.

Diungkapkan,dari kelas-kelas kerja sama yang lain para guru di SBB sangat memiliki motivasi yang baik, antusias dan bisa menyelesaikan pendidikan magister.

“Waktu menyelesaikan studi dalam dua tahun sudah selesai dan itu menandakan mereka mempunyai motipasi yang tinggi dan menjadi contoh kepada guru-guru lain,” tandasnya. (S-18)