AMBON, Siwalimanews – Presiden Joko Widodo bertindak selaku Inspektur Upacara peringatan HUT TNI ke-76 yang berlangsung di Istana Merdeka, Selasa (5/10).

Upacara yang berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat itu Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, serta Wakil Presiden Ma’aruf Amin.

Upacara yang digeklar secara virtual ini diikuti oleh jajaran TNI di Seluruh Indonesia, termasuk di Kodam XVI Pattimura.

 Presiden dalam arahannya pada upacara itu mengaatas nama rakyat, bangsa dan negara mengungkapkan penghargaan yang tinggi kepada jajaran TNI, yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa dan menjaga keutuhan negara.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran TNI menjaga NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta turut melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan,” ucap Presiden.

Baca Juga: Cacat Prosedur, Pemda Malteng Diingatkan tak Lantik Raja Seith

Pada kesempatan itu juga Presiden menginstruksikan kepada pihak TNI untuk tetap melakukan adopsi dan inovasi teknologi mutakhir dan bergerak aktif dalam industri pertahanan global serta memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri demi mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni.

“Bersatu, berjuang, kita pasti menang,” tandas Presiden.

Untuk diketahui, usai pelaksanaan upacara di Kodam XVI Pattimura kemudian dilanjutkan dengan pemusnahan 656 pucuk senjata api rakitan yang merupakan hasil penyerahan masyarakat kepada Kodam Pattimura.

Usai pemusnahan senjata api rakitan kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah sekaligus pemotongan tumpeng. (S-45)