NAMLEA, Siwalimanews – Vaksin Astrazeneca untuk mencegah Covid 19 pertama kali disuntikan kepada prajurit Kodim 1506/Namlea dan Ibu-ibu Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1506/Namlea, bertempat di Pus­kesmas Namlea, Rabu (21/4).

Kapten Inf Haris Tumenggung kepada awak media di Namlea menjelaskan, kalau Pelaksanaan Vaksin Astrazeneca pada hari Rabu tgl 21 April 2021 kepada Anggota Kodim 1506/Namlea dan Ibu-ibu Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIX Kodim 1506/Namlea adalah yang pertama dilaksanakan di Puskesmas Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru.

Pantauan Siwalima, dalam kegiatan tadi, sebanyak tiga prajurit dan empat pengurus Persit Kartika Chandra Kirana yang telah divaksin Astrazeneca tahap pertama. Mereka akan menjalani vaksin tahap kedua 14 hari ke depan.

Mereka yang  divaksin tadinya dinyatakan telah lolos verifikasi pendaftaran. Kemudian baru diskrining dan anamnase. Di pos ini prajurit Kodim dan ibu persit penerima vaksin diperiksa seca­-ra detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).

Pos dua ini diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin.

Baca Juga: Kantor Satpol PP SBT Kembali Dipalang

Tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga. Usai disuntik, penerima vaksin menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat.

Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau KIPI (Kejadin Ikutan Pasca Imunisasi).

Selama masa observasi, dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin.  Dan prajurit dan ibu Persit yang divaksin itu dinyatakan aman.

Sementara itu,  Dandim Letkol Arh Agus Guwandi  kepada awak media mengatakan, bahwa vaksin ini program nasional  harus  didukung bersama dan merupakan bagian dari bela negara.

“Kalau kita sehat negara juga sehat kuat dan aman. Indonesia sejahtera. Jangan pernah takut, vaksin ini halal dan ini demi keselamatan semua bangsa,” kata Agus Guwandi.

Sesuai rencana kegiatan vaksin bagi prajurit TNI dan juga Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana itu akan terus berlanjut dan itu merupakan salah satu bentuk dukungan dari aparat Teritorial teruma Kodim 1506/Namlea terhadap program pemerintah dimasa pandemi Covid 19. (S-31)