TIAKUR, Siwalimanews – Polres MBD melalui Satuan Polisi Periaran dan Udara selalu intnesif melayani dan memantau aktivitas pelayaran di wilayah hukum Polres MBD dalam setiap kegiatan, baik kedatangan dan keberangkatan kapal di Pelabuhan Kaiwatu.

Dimana, personel Satpolairud dan KPPP Polres MBD menempatkan personelnya di areal Pelabuhan untuk melakukan pengamanan embarkasi dan debarkasi saat kedatangan kapal penumpang KM Cantika Lestari 9F yang tiba di Pelabuhan Kaiwatu, Kamis (4/4)

Kegiatan Pengamanan kali ini dilakukan personel Satpolairud Bripka Hendri Rahalus bersama personel Pos KPPP Polres MBD di dermaga saat kapal berlabuh di Pelabuhan Kaiwatu. Ini bertujuan untuk melayani aktivitas penumpang saat embarkasi dan debarkasi di areal pelabuhan dalam upaya menjaga kamtibmas tetap aman dan kondusif.

Selain melakukan pengamanan personel Satpolairud dan personel KPPP juga memberikan himbauan kamtibmas kepada para penumpang untuk mentaati aturan pelayaran yang diterapkan diatas kapal maupun pengecekan barang bawaan oleh para penumpang, baik pada saat akan berangkat maupun baru tiba dan turun dari atas kapal guna mengantisipasi jangan sampai tertukar ataupun hilang.

“Langkah-langkah yang dilakukan personel Satpolairud saat melakukan kegiatan kepolisian baik saat pengamanan di dermaga menunjukkan bahwa, Polri tetap konsisten menegakkan aturan hukum disamping perlunya diimbangi dengan pelayanan Polri yang humanis kepada masyarakat dengan memberikan himbauan serta pesan-pesan kamtibmas yang bertujuan agar masyarakat sadar hokum,” ucap Kaporles Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno, dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Jumat (4/4).

Baca Juga: Pemda MBD Gelar Operasi Pasar Jelang Idul Fitri

Menurutnya, dengan adanya kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat dapat menciptakan kenyamanan bagi aktivitas penumpang di dermaga sebagai upaya meningkatkan silaturahmi yang diharapkan dapat berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat ketika menyampaikan himbauan ataupun pesan-pesan kamtibmas.

“Pengamanan yang dilakukan oleh Satpolairud Polres MBD merupakan upaya Polri dalam mendekatkan diri kepada masyarakat dalam bentuk pelayanan dan pengamanan di pelabuhan dalam upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tandasnya.(S-28)