AMBON, Siwalimanews – Polda dibawa pimpinan Kapolda Irjen Lotharia Latif berhasil mewujudkan toleransi antar umat beragama dengan membangun rumah ibadah.

Pembangunan Musholla Ar Rahman dan Gereja Oikumene Uria yang berdekatan itu merupakan simbol toleransi beragama di lingkungan Markas Polda Maluku.

“Pembangunan Polda baru saat itu belum dilengkapi fasilitas apapun. Saya sampaikan ke Mabes Polri perlunya fasilitas-fasilitas pendukung lainnya seperti fasilitas olahraga dan fasilitas pembinaan mental anggota,” kata Kapolda Maluku, dalam rilis yang diterima Siwalima, Sabtu (15/4)

Ia menjelaskan fasilitas pendukung yang menjadi prioritas Kapolda untuk segera dibangun yaitu olahraga dan pembinaan mental anggota berupa gereja dan musholla.

“Alhamdulillah gagasan tersebut diwujudkan dengan membangun kedua tempat ibadah tersebut, di lokasi yang berdampingan, dengan luas lahan yang sama, bentuk yang sama, hanya berbeda dekoratifnya,” kata Irjen Latif.

Baca Juga: PT Jiku Prasaraya Segara Anak Emas

Dengan didirikannya kedua rumah ibadah umat Islam dan Kristen ini dibandingkan fasilitas lainnya, merupakan wujud dan aksi nyata kapolda dalam membangun toleransi beragama yang dimulai dari personel Polda Maluku.

“Kedua tempat ibadah tersebut sangat strategis dan penting sebagai dasar untuk membentuk karakter, sikap dan perilaku anggota agar dalam menjalankan tugasnya selalu ingat Tuhan dan melaksanakan tugas terbaik dan menghindarkan melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak terpuji,” harapnya.

Lanjutnya kedua tempat ibadah tersebut saat ini telah digunakan oleh anggota. Banyak juga warga yang kagum dengan keindahan eksterior dan interior yang mencerminkan kerukunan antar umat beragama di Maluku.

Bagi Takjil

Sementara itu puluhan Polwan Polresta pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease mengelar baksos dengan membagikan ratusan takjil kepada masyarakat.

“Sekitar 335 Takjil dan makanan buka puasa yang dibagikan di tiga lokasi di                kota Ambon itu dipimpin oleh Kasat Binmas Kompol Sarah Lessil,” terang Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Jane Luhukay kepada wartawan Sabtu (15/4).

Ia menjelaskan tiga lokasi pembagian takjil yakni Rutan Polresta Ambon, depan pusat pertokoan Ambon Plaza dan depan Pelabuhan Yos Sudarso Ambon.

Dirinya menjelaskan sasaran pemberian takjil yakni kepada tahanan yg sementara berada di rutan, sopir angkot, tukang parkir, tukang becak, buruh pelabuhan dan pejalan kaki.(S-10)