AMBON, Siwalimanews – Sejumlah rangkaian kegiatan dilakukan Satuan Brimob Polda Maluku menyongsong HUT ke-75 Korps Brimob yang jatuh pada, Sabtu (14/11).

Salah satu yang menjadi tradisi di HUT Korps Brimob dari tahun ke tahun yakni melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kapahaha di Kota Ambon.

Sebelum melakukan ziarah, para personel Satuan Brimobda Maluku melaksanakan upacara tradisi pencucian Dhuaja di Lapangan Makosat, Kamis (12/11).

“Sudah menjadi tradisi dalam Korps Brimob, bahwa menjelang HUT Korps Brimob Polri akan ada kegiatan upacara pencucian Dhuaja, oleh karena itu selaku generasi penerus Satbrimoda Maluku juga melaksanakan kewajibannya untuk melangsungkan kegiatan tersebut,” ungkap Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur, Kamis (12/11).

Sementara tradisi ziarah merupakan cara Satrimob mengenang para pendahulu yang sudah berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dan sebagai wujud penghormatan.

Baca Juga: Baksos Donor Darah Sambut HUT Brimob ke-75

Dansat berharap, Budaya ini terus dijaga dan dilestarikan sebagai bentuk kebanggan terhadap satuan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur demi kemerdekaan NKRI. (S-45)