AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas se-dunia, maka Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Provinsi Maluku, menggelar Forum Group Discosion (FGD).

Kegiatan yang dipusatkan di aula LPP RRI Ambon, Kamis (3/12) itu mengusung tema Tidak Semua Disabilitas Terlihat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Maluku Halima Soamole dalam sambutannya mengatakan, setiap 3 Desember dunia memperingati hari Disabilitas Internasional untuk memberikan dukungan dan perhatian kepada perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.

“Peringatakan hari disabilitas tahun ini menjadi momentum yang sangat berarti dengan tema Tidak Semua Disabilitas Terlihat, dimana tema ini menyiarkan pesan tidak semua ragam disabilitas dapat diketahui dan disadari oleh masyarakat umum,” ujarnya.

Menurutnya, penting bagi semua orang untuk menyebarkan pesan yang jelas kepada masyarakat, bahwa semua ragam disabilitas, harus dapat diakomodir oleh semua pihak tanpa terkecuali baik yang terlihat maupun tidak terlihat secara fisik.

Baca Juga: Prihandini Bantu 200 Disabilitas di Aru

“Dalam momen hari Disabilitas internasional tahun ini, upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerhati perempuan berupa pelaksanaan kampanye 16 hari anti kekerasam terhadap perempuan sejak 25 November hingga 10 Desember,” ucapnya.

Soamole juga memberikan apresiasi kepada HWDI yang telah menggagas FGD ini. Walaupun masih dihadapkan dengan Pandemi Covid-19, namun kegiatan ini bisa terlaksana.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua HWDI Provinsi Maluku Mien Rumlaklak, Ketua HWDI Kabupaten Seram Bagian Barat Tamtri Patty dan sejumlah disabilitas asal Kota Ambon. (Cr-5)