AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Provinsi Maluku saat ini tengah mempersiapkan beberapa tempat yang nantinya digunakan sebagai tempat karantina Covid-19 secara terpusat.

Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Maluku Adonia Rerung kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Selasa (15/2) menjelaskan, untuk tempat karantina terpusat sendiri pemprov saat ini tengah menyiapkan Balai Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Balai Diklat Pertanian, yang nantinya digunakan untuk para pelaku perjalanan maupun penumpang transit.

“Untuk lokasi karantina terpusat di Kota Ambon dilakukan di Asrama Haji Waiheru, sedangkan untuk provinsi dilakukan di BPSDM dan Balai Diklat Pertanian, artinya dua tempat ini dipersiapkan, kalau nantinya terjadi lonjakan,” ungkap Rerung.

Jika nantinya berdasarkan hasil pemeriksaan di bandara maupun pelabuhan ternyata ada penumpang yang terkonfirmasi positif Covid-19, maka Kota Ambon akan melayani pasien warga kota, sedangkan bagi warga luar Ambon yang terpapar ditangani oleh provinsi.

Saat ini, Dinas Kesehatan Maluku sedang mempersiapkan perangkat kerja, baik relawan maupun peralatan lainya guna mendukung upaya menekan lajunya penyebaran Covid-19 varian Omicron yang sedang meningkat.

Baca Juga: Penembak Misterius Beraksi di Haruku, Warga Hulaliu Tewas

“Saya baru dapat informasi tengah dipersiapkan shift dan penjagaan dan juga Dinas Kesehatan sedang persiapkan tenaga relawan dan perangkatnya,” jelasnya.

Rerung juga meminta seluruh perangkat, baik RT dan RW untuk mengawasi secara ketat warganya yang sedang melakukan isolasi mandiri, termasuk membatasi pertemuan sebab ditakutkan ketika warga diisolasi mandiri, tetapi bebas berkeliaran dan menyebarkan virus kepada orang lain. (S-20)