AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Seram Bagian Barat Turaya Samal mengingatkan, Pemerintah Provinsi Maluku untuk memperhatikan daerah yang telah ditetapkan dalam zona rawan bencana banjir.

Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir terdapat beberapa wilayah yang terendam banjir, termasuk di Dusun Laala Desa Lokki, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat yang mengakibatkan rumah dan fasilitas lainnya terendam air.

Penanganan masalah bencana banjir mestinya sudah menjadi kewenangan pemprov dan pihak Kabupaten SBB, karena daerah tersebut sudah masuk daerah rawan bencana.

“Memang kita tidak saling lempar kewenangan, tetapi Gubernur Maluku harus lebih memperhatikan daerah-daerah yang berdampak bencana, oleh karena itu, kita minta agar segera tangani masalah-masalah itu,” ucap Samal kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (17/2).

Dusun Laala kata Samal, merupakan daerah yang rawan terhadap banjir akibat luapan sungai Laala, maka harus ada langkah cepat dalam menangani persoalan ini dengan melakukan pengerukan.

Baca Juga: Walikota Minta Pedagang Lapor Jika Ada Pungli

“Penanganan daerah bencana banjir tidak mudah membalik telapak tangan, karena semuanya harus melalui prosedur dan kajian,” jelasnya.

Karenanya, Samal meminta adanya perhatian serius dari Pemerintah Provinsi Maluku untuk segera melakukan langkah penanganan, sehingga diharapakan kedepannya luapan banjir dapat dicegah.(S-20)