AMBON, Siwalimanews – Lokasi Pasar Minggu, Desa Passo yang duluhnya kumuh kini berubah kekinian dengan dibangunya sejumlah lapak baru.

Penjabat Walikota Bodewin Watti­me­na didampinggi Kepala Dinas PU­PR Melianus Latuihamallo, meninjau lapak di Pasar Minggu sekaligus ber­dialog dengan para penjual, kemarin.

“Jadi setelah kita lakukan pener­tiban sampah di area ini, kemudian dibangun lapak agar masyarakat tidak lagi membuang sampah pada lokasi ini,” kata walikota.

Dengan dibangunnya 8 lapak baru bagi pedagang pemerintah telah memberi ruang bagi UMKM untuk menjajakan hasil karyanya.

Dilain sisi, dengan keberadaan lapak baru, lokasi ini lanjutnya terlihat lebih rapi dan bersih dan tidak ada lagi yang sampah.

Baca Juga: Bupati: Jangan Melupakan Sejarah

“Kita mau ini berkembang, demi kesejahteraan masyarakat, khusus­nya UMKM,” jelasnya.

Walikota mengaku terkait peng­aturan perihal penggunaan lapak tersebut, akan diatur oleh  Peme­rintah Negeri Passo dan Pemkot sendiri tidak akan menagih retribusi dari itu. Sebab lokasi tersebut milik perseorangan.

“Yang pasti, mereka yang berda­gang disini warga Kota Ambon karena kita bangun ini diwilayah kita,” terangnya.

Lanjutnya, sekarang Pemerintah Negeri Passo sementara mendata, lapak-lapak ini kemudian akan diisi oleh pedagang yang telah disetujui oleh pemerintah negeri.

“Satu hal lagi, kita tidak akan menarik retribusi, tetapi pedagang harus membayar biaya sewa lahan kepada pemilik,” jelasnya.(S-25)