AMBON, Siwalimanews – Layanan perbankan milik Pemkot Ambon kedepan sudah tidak lagi menggunakan Bank Maluku-Maluku Utara.

Belanja operasional, belanja moda, perjalanan dinas, penarikan pajak dan retribusi daerah serta kartu kredit pemerintah (KKP) kedepan akan menggunakan Bank Mandiri.

“Mulai tahun 2024 pemkot proses belanja daerah sudah dapat menggunakan KKP guna meminimalisir penggunaan uang tunai dalam transaksi, terang Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena, usai melakukan penandatanganan MoU dengan Bank Mandiri.

MoU dilakukan oleh Penjabat Walikota Bodewin Wattimena didampingi Sekot Agus Ririmase, sedang dari pihak Bank Mandiri diwakili penjabat Area Head Maluku PT Bank Mandiri, Azizi Rahim, di ruang kerja walikota, Senin  (27/11).

Atas kerja sama ini, walikota mengucapkan terima kasih kepada Bank Mandiri guna pengembangan layanan perbankan bagi kepentingan publik di Ambon.

Baca Juga: Umat Katolik Rayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam

“Saya mengapresiasi Bank Mandiri yang telah membantu pemkot dalam upaya peningkatan penerimaan asli daerah, melalui digitalisasi penerimaan pembayaran pajak dan retribusi daerah juga layanan kartu kredit pemerintah,” terangnya.

Selain itu dengan kerja sama ini pemkot dapat meningkatkan PAD dan fasilitas KKP di Pemkot Ambon.

“Saya yakin ini akan membawa dampak positif bagi Kota Ambon dan membawa manfaat bagi pemkot, juga bagi Bank Mandiri,” ujarnya.

Ia mengaku dengan MoU, maka tahun anggaran 2024, pemkot dalam proses belanja daerah sudah dapat menggunakan KKP guna meminimalisir penggunaan uang tunai dalam transaksi.

Lanjutnya dalam proses belanja daerah dapat menggunakan KKP olehnya MoU ini agar dapat ditindaklanjuti oleh semua OPD yang ada di lingkup Pemkot Ambon.

Sementara itu penjabat Azizi Rahim mengatakan, sebagai bank dengan aset terbesar di Indonesia pihaknya siap bekerja sama dengan pemkot terkait keuangan daerah.

“Kita siap bekerja sama baik dari sisi penerimaan, proses hingga pengeluaran meliputi m-Pos, layanan platform keuangan digital Mandiri untuk bill collection serta fasilitas KKP,” ungkapnya.

Kerja sama ini juga menurutnya merupakan suatu kehormatan bagi Bank Mandiri karena dapat menyediakan layanan perbankan bagi pemkot.

“Mulai pintu masuk proses hingga keluar sehingga dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” terangnya. (Mg-3)