AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon, telah menyediakan bantuan perbaikan rumah dan tempat usaha bagi 17 warga terdampak konflik di kawasan IAIN, Negeri Batu Merah, Kecamatan Sirimau, beberapa waktu lalu.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena, usai program Wajar di Balai Kota, Jumat (18/11/2022) mengatakan, dari hasil identifikasi yang dilakukan pemkot, terdapat satu rumah warga dan kafe yang memiliki kerusakan berat, dan itu akan ditangani oleh Dinas PUPR Kota Ambon.

“Kita sudah bikin berita acara, semua dengan pemilik rumah dan kafe. Kami akan tangani dua bangunan ini melalui dinas PUPR,”ujarnya.

Sementara untuk 15 rumah lainnya yang mengalami rusak ringan, akan diambil alih oleh Pemerintah Negeri Batu Merah.

“jadi kita sudah bagi, 15 yang rusak ringan, itu akan ditangani oleh Negeri Batu Merah,” ucap walikota.

Baca Juga: Walikota Lepas 289 Atlet Popmal Kota Ambon

Sementara untuk proses perdamaian walikota mengaku, pihaknya melalui Pemerintah Negeri Batu Merah, telah melakukan pendekatan dengan dua kubuh yang bertikai, sekaligus berencana membangun kembali tempat ojek sebagai lokasi rekonsiliasi.

“Pembangunan tempat ojek untuk menjadi lokasi rekonsiliasi, itu sebagai contoh aksi damai kedua komunitas ini. Melalui pemerintah negeri, kita juga telah melakukan pertemuan dengan kedua pihak, meski mendapat penolakan, tapi itu menjadi tanggung jawab pemerintah, sehingga akan terus dilakukan pendekatan dan pertemuan, sampai nantinya ada kesepakatan damai antar kedua kelompok tersebut,” ujar walikota.(S-25)