SAUMLAKI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sabtu (13/5) mencanangkan gerakan stop buang air besar sembarangan atau open defecation free (ODF) di Desa Themin, Kecamatan Wermaktian.

Bupati Tanimbar Daniel Indey saat pencanangan itu memberikan apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini, karena kesehatan merupakan salah satu sektor yang selalu menjadi sorotan, terlebih lagi jika hal tersebut menjadi persoalan di tengah-tengah masyarakat.

“Kesehatan masih diartikan sebatas penyembuhan penyakit, padahal masalah kesehatan merupakan masalah yang komplek.
Pembangunan dibidang kesehatan tidak dapat dilakukan sendiri oleh aparat pemerintahan sektor kesehatan, akan tetapi harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan lintas sektor dan yang lebih utama adalah peran serta masyarakatnya” ujar bupati.

Bupti berharap, melalui pencanangan ini, kiranya dapat menimbulkan kesadaran masyarakat, bahwa desanya sudah stop buang air besar sembarangan dan membiasakan melakukan cuci tangan pakai sabun setelah dari WC, atau setelah membersihkan anak dari BAB sebelum menghidangkan makanan, maupun setelah makan dan memegang hewan atau benda lainnya.

“Melalui stop BABS dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun akan dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit dengan menerapkan pilar sanitasi total berbasis masyarakat dapat mewujudkan Kabupaten Kepulauan Tanimbar menjadi kabupaten yang sehat,’ ucap bupati.

Baca Juga: Berkas Pelaku Persetubuhan Anak Sementara Dirampungkan

Ditempat yang sama Camat Wermaktian Adrianus Sabono berterimakasih kepada bupati dan seluruh jajaran pemerintah KKT yang telah mendukung kegiatan tersebut di Kecamatan Wermaktian.

“Amanah yang dititipkan kepada masyarakat, akan kami laksanakan dengan sebaik baiknya,” janji Sabono.(S-26)