PIRU, Siwalimanews – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) yang ke 17, Pemda menggelar kerja bakti bersama.

Kerja bakti sosial ini dilakukan juga sebagai bentuk kepedulian pe­merintah dalam menjaga kebersihan lingkungan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Kerja bakti yang dilaksanakan ini dimulai sejak awal masuk kerja di tahun 2021, dari pukul 08.00 WIT yang di pusatkan di kantor Bupati, jalan utama Trans Seram Kota Piru, taman patung oma-opa dan taman lainnya. Kerja bakti ini oleh masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Menyongsong HUT Kabupaten ini, memberikan kesan yang sangat penting untuk kami sebagai Pegawai Negri Sipil di lingkup Pemkab SBB. Semenjak pandemi, semua instansi pemerintahan selalu bekerja bersa­ma, untuk kase bae SBB. HUT kali ini memberi kesan kami bersinergi membangun Bumi Saka Mese Nusa yang tercinta dan bertoleransi dan semoga akan terus seperti ini,” kata bupati SBB melalui Kabag Humas H. Mandaku kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (5/1).

Menurut Mandaku, kerja bakti ini diselenggarakan dalam rangka mem­peringati HUT Kabupaten SBB yang ke 17 sekaligus sebagai sarana mengemukakan kembali budaya kerja bakti secara gotong royong sesama ASN.

Baca Juga: Program SBB Terang Kini Dinikmati Masyarakat   

“Ini merupakan nilai budaya luhur dan tetap harus dilesatrikan,” ujar Mandaku.

Mandaku juga menghimbau, ke­pada masyarakat SBB agar semakin peduli sampah dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah di ban­taran sungai maupun jalan.

“Saya minta masyarakat SBB tidak membuang sampah di sungat atau di badan jalan, mari kita hidup bersih,” pintah Mandaku.

Diterangkan peserta kerja bakti yang digelar kali ini yang terdiri dari ASN Pemkab SBB juga menyisir selokan maupaun tempat keramaian masyarakat dan bahu jalan untuk mengangkut sampah.

Menjaga kebersihan dari sampah, lanjutnya, merupakan salah satu upaya dalam mengatasi pencemaran lingkungan serta terhindar dari pe­nyakit di masa pandemik Covid-19.

“Saya himbau kepada seluruh mas­yarakat SBB agar ikut berpartisi­pasi da­lam memeriahkan HUT Kabu­paten yang ke 17 dengan tidak buang sam­pah sembarangan,” tandasnya. (S-48)