TIAKUR, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya melalui Dinas Pendidikan menggelar pelatihan operator dapodik pada jenjang SMP tahun 2023 yang dipusatkan di gedung serbaguna, Selasa (23/5).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten MBD Johzes Leunufna saat membuka pelatihan itu mengatakan, dapodik atau data pokok pendidikan adalah sistem penyelenggaraan sekolah berskalah nasional yang terpadu.

Untuk itu, operator sekolah sebagai sarana penting dan bertanggung jawab atas semua daya input pada aplikasi ini sehingga data yang diinput memiliki integrasi yang baik bagi semua komponen sekolah.

“Kehadiran bapak/ibu untuk mengikuti pelatihan ini merupakan bagian dari upaya pemda untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas, sehingga permasalahan pengimputan data dan persoalan-persoalan lain yang selama ini menjadi kendala dapat disampaikan kepada tim kementerian untuk memberikan solusi terbaik,” ucap Leunufna.

Ia berharap, kegiatan ini dapat diikuti olehs emua operator sekolah dengan sebaik mungkin, sehingga ketika kembali ke satuan pendidikan, tidak ada kecemasan dalam bekerja.

Baca Juga: Memasuki Tahun Politik, DPRD Ingatkan ASN Netral

“Mudah-mudahan pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan keraktivitas dan inovasi bagi para operator sekolah,” harapnya.(Mg-2)