DOBO, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Aru menggelar sosialisasi tentang vaksin covid-19, kepada para ketua RT dan RW se-Kota Dobo, yang dipusatkan di lantai dua Kantor BPKAD Aru, kemarin (11/2).

Bupati Aru Johan Gonga dalam sosialisasi itu mengatakan,  tujuan utama dari vaksinasi adalah untuk mengurangi transmisi atau penularan covid-19 itu sendiri. Selain itu juga, untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian, mencapai kekebalan kelompok dan melindungi masyarakat, agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

“Saya dan pimpinan forkopimda di sini sudah melaksanakan vaksinasi tahap satu dan dua. Para nakes juga sedang menjalani vaksin dan kami semua baik-baik saja, sehingga masyarakat tidak usah takut untuk divaksin. Kami mohon seluruh masyarakat mendukung dan jangan ragu untuk divaksin jika sudah tiba waktunya,” himbau bupati.

Informasi dan berita hoax yang beredar di tengah masyarakat melalui berbagai media sosial kata bupati, disinyalir turut mempengaruhi mental dan keinginan masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19 ini.

“Saya berharap kepada bapak dan ibu RT dan RW untuk berikan pemahaman yang baik kepada masyarakat kita. Peran kita bersama dan petugas kesehatan untuk melakukan upaya komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat sangat dibutuhkan, sehingga diharapkan masyarakat mengetahui informasi vaksin ini dengan sejelas-jelasnya. Sebab dengan adanya vaksinasi ini, ada kekebalan tubuh dan kita terhindar dari virus corona, terpenting yaitu pencegahan,” ujar bupati.

Baca Juga: TPP Siap Dicairkan Pemkot

Selain itu, bupati juga minta agar masyarakat selalu mematuhi dan menerapkan prokotol kesehatan walaupun sudah divaksin.

“Menerapkan protokol kesehatan masih tetap berlaku walaupun sudah divaksin. Mari kita sukseskan vaksinasi ini sebagai salah satu solusi penanganan pandemi Covid-19, dan tetap patuhi protokol kesehatan,” punta bupati.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama semua pihak, baik pemerintah, masyarakat dan seluruh stakeholder lainnya yang ada di Aru, demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Harapan saya yaitu mari kita bersama-sama sukseskan vaksinasi covid-19 di kabupaten ini, sehingga katong semua terbebas dari corona. Selain itu, jangan lupa terapkan protokol kesehatan dengan pakai masker, cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan jaga jarak,” pesan bupati. (S-25)