AMBON, Siwalimanews – Pengusulan enam nama calon Sekretaris Kota Ambon ke Komisi Aparatur Sipil Negara, secara tidak langsung menunjukan kerja tim seleksi itu rawan disusupi dan tidak independen, termasuk kekhawa­tiran penguasa kalau kandidat yang diinginkannya tidak lolos seleksi.

Demikian rangkuman pendapat akademisi Fisip Unpatti Paulus Koritelu dan staf pengajar di Universitas Darussalam Ambon, Zul­kifar Lestaluhu, terkait tarik ulurnya pengumuman nama calon Sekot Ambon, yang hingga kini tak kunjung diumumkan.

Walikota Ambon, Richard Lou­henapessy, Selasa (2/11), ber­alasan kalau keterlambatan ter­sebut akibat pansel kesulitan da­lam menentukan tiga nama terbaik dari calon yang mengikuti seleksi. “Pansel mengalami kesulitan,” kata Louhenapessy kepada war­tawan Ambon.

Pernyataan Walikota dua perio­de itu terkesan dipaksakan, karena hasil kerja panitia seleksi, se­mestinya diumumkan oleh pansel, bukan oleh Louhenapessy seba­gai Walikota.

Karena sesuai pengumuman pansel Nomor 04/PANSEL/PKA/X/2021 yang ditandatangani oleh Sadli Ie sebagai ketua, semestinya nama calon sekda, sudah di­umumkan ke publik sejak Kamis (21/10) lalu. Belakangan beredar kabar kalau keterlambatan itu akibat nilai yang dikirim tim asesor Mabes Polri belum diterima.

Baca Juga: DPRD akan Panggil Dishub Bahas Pembayaran Angkot Barcode

Namun kepada Siwalima, ang­gota pansel, Hengky Sirait meng­a­takan, data penilaian dari tim pansel dan tim assesor Mabes Pol­ri telah dimasukkan ke sekre­tariat pansel, tinggal hasilnya di­hitung dan diumumkan saja. Sirait bahkan meyakinkan kalau akan ada pertemuan hari Senin (1/11) jam 14. 00 WIT terkait hal itu.

Tak Independen

Paulus Koritelu menilai, usulan enam nama calon sekot membuktikan pansel tidak independen. Karena semestinya pansel punya integritas dan independensi dalam diri. Harga diri dan martabat serta keberadaan kapasitas dan kapabilitas ditentukan oleh integritas pansel untuk memberi nilai sesuai dengan hasil penilaian yang objektif, komprehensif dan rasional.

“Saya tidak mengerti intervensi itu dari mana, tapi mestinya pansel punya independensi, karena saya juga pernah pansel, pansel untuk uji hal yang sama di sejumlah kabupaten. Disini kapabilitas dan kapasitas pansel dinilai masyarakat,” tandas Koritelu kepada Siwalima Selasa (2/11).

Ia mengatakan, dalam seleksi ada mekanisme yang sebenarnya mengharuskan keterlibatan pansel. Artinya kehadiran pansel didasarkan pada pertimbangan kompetensi dan kapabilitas pada bidang keahlian masing-masing.

“Karena itu sebenarnya manfaat kehadiran pansel itu, tentu bukan menentukan siapa yang sekda, tetapi dalam kapabilitas  dan kapasitas mereka. Itu kemudian mereka menilai kan itu ada substansi-substansi pengujian, materi pengujian, jadi misalnya soal kepemimpinan atau leadership, soal penguasaan manajemen dan sebagainya. Nah dari situ sebenarnya nilai itu kemudian dikumpulkan. Namanya seleksi berarti ada tata aturan, urutan tertentu yang ditetapkan,” jelasnya.

Menurut Koritelu eloknya dalam pengumuman seleksi tidak harus enam nama diloloskan dan diusulkan ke KASN. Sebab kata Koritelu. Tidak mungkin nilai enam calon Sekot itu semua sama.

Kalaupun nilai semuanya sama, maka kemudian pansel harus bersidang untuk memutuskan, dengan mungkin saja dalam tanda petik mendapatkan pertimbangan tertentu dari kepala daerah otonom dalam hal ini pak walikota dan wakil walikota misalnya. Tetapi eloknya itu penetapan hasil seleksi oleh pansel  itu tentu diusulkan kesana itu tidak enam-enamnya tapi hanya tiga,” ujar Koritelu.

Dikatakan, boleh diusulkan enam nama tapi dalam laporan pansel harus lengkap dan komprehensif sesuai dengan urutan nilai yang diperoleh para peserta.

Urutan perolehan nilai, tetapi saya lebih sepakat misalnya urutan-urutan itu disertai dengan akumulasi perolehan nilai dari enam orang itu,” jelas Koritelu.

Ditambahkan, jika walikota mengusulkan enam nama sesuai penilaian pansel, paling tidak sedikitnya tiga sampai empat kriteria penilaian.

“Kalo sudah kayak gini saya kira kompetensi dan kapabilitas calon sekot itu sebenarnya mungkin saja dalam tanda petik lebih jauh berada dibawah pertimbangan-pertimbangan politis tertentu. Saya tidak mengerti ini intervensi dari mana, tapi mestinya pansel punya independen, karena saya juga pernah pansel,” pungkasnya.

Menyoal pengakuan walikota kalau pansel kesulitan menilai enam calon tersebut, Koritelu menjelaksan pansel harusnya bersidang untuk menentukan nilai itu. Harus ada pertimbangan untuk menghitung.

“Menghitung supaya tidak ada banyak dusta diantara kita. Saya kira itulah faktor x yang tidak bisa dihindari. Saya kira boleh saja artinya tidak berarti legitimate dan prosedural. Tetapi memang penguasa ya, namanya pimpinan daerah tetap punya kepentingan tentang hal itu,” tegas Koritelu.

Meskipun begitu, Koritelu percaya dari enam nama yang diusulkan ada kerja pansel untuk penomoran atau nomor urut satu sampai tiga. Sebab katanya soal nomor urut satu sampai tiga sesuai nilai, adalah kewenangan pansel.

“Mudah-mudahan tidak atas dasar abjad nama ya, tetapi karena perolehan nilai ya. Saya nggak ngerti kalo berdasarkan abjad. Tapi kalo saya pansel harus punya  martabat, bahwa inilah hasil penilaian kami tentu saja bisa berbeda dengan kemauan politik dari sang pengauasa itu no problem tapi bahwa hasil kami ya kayak gini,” ungkap Koritelu.

Terpisah, pengamat pemerintahan dari Universitas Darussalam Ambon, Zulkifar Lestaluhu menilai dari cara kerja pansel, publik cepat membaca bahwa telah ada intervensi dalam seleksi Sekot Ambon.

“Dugaan kami ada intervensi. Bahwa ada kandiddat yang sebenarnya diinginkan penguasa dan ditakutkan tidak gol. Ada aroma intervensi itu sangat kentara dan jelas. Harusnya pansel transparan, kalau memang seperti itu ya pasti ada intervensi, kandidat yang diinginkan penguasa ditakutkan tidak lolos sehingga diusulkan enam nama,” tandas Lestaluhu.

Berdasar Abjad

Diberitkaan sebelumnya, nformasi lain di pansel menyebutkan, RL sapaan akrab Richard Louhenapessy, sengaja meminta pengumuman nama tiga besar ditangguhkan. Penundaan itu lantaran ada ketidak cocokan antara pansel dan RL, dimana sang Walikota menghendaki pengumuman itu berdasarkan abjad atau alfabetikal dan bukan melalui skoring yang diperoleh.

Pasalnya melalui skoring, RL yang sejak awal menjagokan Agus Ririmase, harus pasrah karena nilai yang diperoleh Agus, masih ada di bawah calon lain.”Pak Agus itu nilainya di bawah, makanya dirubah untuk tidak diumumkan berdasarkan nilai, melainkan berdasakan abjad,” ujar sumber Siwalima, Senin (1/11) siang.

Lalu siapa saja tiga nama yang nilainya paling tinggi? “Tiga nama yang tadi ditulis Siwalima itu betul. Urutannya Enrico, Agus kemudian Semuel,” kata sumber yang tak mau namanya dipublis itu.

Sementara itu salah satu anggota pansel yang juga menolak ditulis namanya mengaku, pansel pihaknya tadi sudah selesai melakukan pertemuan. Dalam pertemuan itu, sudah diputuskan untuk pengumuman akan disampaikan ke media.

“Pansel telah merampungkan nama calon. Nanti diumumkan tuh. Daripada saya mendahului janganlah. Hasil besok saja. Besok tinggal penyerahan  lalu diumumkan ke media secara resmi. Kerja panjang kita sudah selesai,” ujarnya kepada Siwalima, Senin (1/11).

Terpisah Ketua pansel Sadli Ie kepada Siwalima mengaku apa yang dikerjakan pansel, sudah sesuai mekanisme, termasuk harus merumuskan dan merangkum total hasil penilaian.

“Pansel tidak bisa ikuti maunya publik yang asal bicara ya. Orang punya rekam jejak dan lain-lain harus jelas. Memangnya lama di mana. Publik kritik asal maunya tapi tidak paham kerja gimana. Besok ya itu sudah diumumkan,” tandasnya. (S-52)