AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa, meng­hadiri upacara peringatan Hari Olah­raga Nasional (Haornas) XXXIX yang dipusatkan di Lapangan Mer­deka, Ambon, Jumat (9/9).

Upacara yang dipimpin Gubernur Murad Ismail tetap berlangsung meskipun ditengah guyuran hujan, yang dihadiri pimpinan Forkopimda Maluku, Forkopimda Kota Ambon, para Ketua Cabang Olahraga, TNI, ANS dan siswa-siswi sekolah se-Kota Ambon.

Peringatan Haornas merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya olahraga di Indonesia mengusung tema “Bersama Cetak Juara”.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam sambutan yang dibacakan gubernur mengata­kan, Haornas sebagai momentum untuk berkolaborasi dan berkomit­men antara pemerintah pusat, pem­da, swasta maupun stakeholder olah­raga untuk bersama sama mencetak juara.

Saya menghimbau agar masya­rakat Indonesia sama-sama melak­sanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas serta menjadikan olahraga sebagai kebutuhan hidup bahkan gaya hidup dengan tetap memperhatikan protokol keseha­tan,” kata Menpora.

Baca Juga: Latihan Perdana Mulai Digelar di SDN 10

Peringatan Haornas ini juga diwarnai oleh pemberian bantuan kepada mantan atlet atletik Maluku Irene Joseph yang meraih medali perunggu pada ajang Sea Games Thailand tahun 2017. Selanjutnya Pangdam bersama para pejabat yang hadir berfoto bersama para atlet dan dilanjutkan dengan senam bersama.

Hari Konsumen Nasional

Pangdam XVI/ Pattimurajuga menghadiri acara puncak Peringa­tan Hari Konsumen Nasional Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2022 , yang digelar di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (10/9).

Hari Konsumen Nasional  ditetapkan berdasarkan keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional, dengan tujuan untuk mendorong pemerintah dalam melaksanakan tugas dan mengembangkan upaya perlindungan konsumen yang dilakukan di Indonesia.

Acara puncak yang dibuka oleh Gubernur Murad Ismail itu mempunyai makna sebagai momentum bagi para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kepedulian kepada konsumen, meningkatkan kesetaraan antara konsumen dan pelaku usaha serta mendorong masyarakat Maluku untuk mengambil peran aktif dalam mewujudkan konsumen berdaya beli produk dalam negeri.

Sebanyak kurang lebih 3500 orang peserta yang mengikuti acara ini berasal dari Forkopimda Maluku, irganisasi Ibu-Ibu dari tiap Instansi, PKK Provinsi Maluku, ASN, para pelaku usaha serta masyarakat.

Adapun rangkaian kegiatan sebelum acara puncak yang telah diselenggarakan antara lain pengawasan barang beredar dan jasa di Maluku, sosialisasi dan edukasi, aosialisasi tata niaga depot air minum, dan senam bersama pada saat acara puncak.

Hadir dalam kegiatan itu se­jumlah pejabat diantaranya Kabinda Maluku, Brigjen TNI Jimmy Aritonang, Danlantamal IX/ Ambon, Brigjen Mar Said Latuconsina, Dandim 1504/ Ambon dan Forko­pimda Provinsi Maluku. (S-06)