AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura, Mayjen Agus Rohman membuka brifing awal latihan posko I Korem 152 Babullah, Kodam XVI Pattimura tahun 2020, di Makorem 152 Ternate, Maluku Utara.

Pangdam dalam sambutannya mengatakan, Korem 152 Babullah merupakan satuan kewilayahan yang memiliki tugas pokok menyelenggarakan pembinaan kemampuan dan gelar kekuatan serta menyelenggarakan pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayah Provinsi Maluku Utara dalam rangka mendukung tugas pokok Kodam XVI Pattimura.

“Keberhasilan tugas pokok tersebut sangat tergantung pada kemampuan satuan jajarannya dalam menyatukan peran, tugas dan fungsi masing-masing,” kata Pangdam.

Satuan Korem 152 Babullah harus menjalani proses latihan secara bertahap, bertingkat dan berkelanjutan, sehingga diperoleh kemampuan yang standar. Salah satu bentuk latihan yang harus dilakukan yaitu latihan posko I Korem.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para komandan dan staff Korem dalam merencanakan suatu operasi yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, kemampuan teknik, olah yudha dan pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki.

Baca Juga: Pangdam Pattimura Silaturahmi ke Kapolda Maluku Utara

“Selain itu, prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu posko serta kodal operasi guna membantu tugas pemda dalam rangka menghadapi permasalahan wabah Covid-19,” ujar Pangdam.

Latihan posko I Korem 152 Babullah akan dilaksanakan selama tiga hari, yang diharapkan dapat menjadi bekal berharga bagi para komandan dan staff dalam melaksanakan fungsi dan tanggungjawab jabatannya, sehingga satuan ini dapat melaksanakan tugas dengan berhasil dan berdaya guna. (S-21)