AMBON, Siwalimanews – Hari kedua pelaksanaan operasi simpatik Siwalima 2021, Polda Maluku masih memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas (Kamseltibcar Lantas) di jalan raya.

Sosialisasi Kamseltibcar Lantas yang dilaksanakan, Rabu (15/12)  berlangsung di sejumlah kawasan di Kota Ambon, diantaranya kawasan Jalan Sultan Hairun, Jalan AM Sangadji, Pangkalan Ojek Kantor Bumi Putera dan depan Kantor Pegadaian.

Operasi Simpatik hari ini dipimpin AKP John Baumasse. Sementara  personel yang terlibat terdiri dari anggota Ditlantas, Ditintelkam, Bidpropam, Bidhumas, Biddokkes dan TIK Polda Maluku.

“Sasaran kami hari ini masih tetap sama yaitu pengguna jalan raya, termasuk para tukang ojek dan tukang becak,” ungkap AKP Jhon kepada dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Rabu (15/12).

Dalam sosialiasi tersebut, masyarakat pengguna jalan diminta untuk senantiasa memperhatikan aturan lalu lintas. Dalam hal ini mengikuti rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga: Harga Cabai Rawit Meroket

“Kami minta masyarakat agar tertib berlalu lintas, taat terhadap aturan, sehingga terciptanya Kamseltibcar Lantas,” ujarnya.

Selain memberikan sosialiasi tentang pentingnya berlalu lintas di jalan raya, ia mengaku pihaknya juga mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Kami juga meminta masyarakat untuk tetap disiplin dan menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Operasi simpatik siwalima sendiri merupakan operasi lalulintas terpusat yang dilaksanakan di seluruh wilayah di Indonesia.

Operasi ini lebih mengarah ke tindakan preentif dan prefentif atau sosialisasi dan himbauan tertang pentingnya tertib lalu lintas di masing masing wilayah ketimbang penindakan berupa penilangan. (S-45)