AMBON, Siwalimanews – Ketua Senat Universitas Pattimura S E M Nirahua mengaku, saat ini pihak universitas sementara melakukan proses yang berkaitan dengan pemilihan rektor baru periode 2023-2027, bahkan kini telah memasuki tahapan penetapan aturan.

Pasalnya, masa tugas Rektor Unpatti MJ Sapteno untuk periode 2019 -2023 akan berakhir pada 25 November 2023 mendatang.

“Nanti Senat akan melakukan paripurna untuk menetapkan jadwal pemilihan dan pengangkatan rektor baru,” jelas Nirahua dalam sambutannya pada rapat terbuka Senat Unpatti, di auditorium kapmpus tersebut, Rabu (3/5).

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh organ Unpatti, baik senat, pimpinan dan seluruh anggota serta rektor bersama organ pengelola, satuan pengawas internal, serta seluruh jajaran mahasiswa, untuk menjaga dan menciptakan suatu kehidupan kampus yang aman sebagai kampus orang basudara.

Dalam proses ini, ada lima tahapan yang harus dilalui yaitu penetapan aturan, penjaringan, penyaringan, pemilihan, dan penetapan, hal ini bersandar pada peraturan Mendikbudristekdikti 2017 dan 2018.

Baca Juga: Dinas PUPR SBT Gelar Bimtek Penyusunan HPS

Dimana sesuai ketentuan yang berlaku, bahwa setelah penetapan aturan, masuk dalam tahapan penjaringan yang didalamnya termasuk pembentukan panitia pemilihan rektor.

Sementara itu, Rektor Unpatti MJ Sapteno dalam sambutannya mengatakan, ini suatu kebanggaan yang luar biasa, karena selama hampir delapan tahun, dirinya memimpin lembaga ini, banyak pihak telah membantu dengan para pimpinan yang lain, sehingga lembaga ini semakin hari semakin maju dalam

berbagai bidang.

“Oleh karena itu, saya berterima kasih kepada ketua dan sekretaris senat serta anggota senat 2016-2019 dan periode 2019 -2023, yang telah memberikan pikiran dan tenaga demi kemajian lembaga ini. Juga kepada seluruh dekan, para wakil dekan, ketua jurusan dan ketua prodi serta semua dosen dan tenaga kependidikan, termasuk para mahasiswa yang telah bersama bersama melaksanakan tugas dan tanggungjawab ini,” ucapnya.

Menjelng akhir masa jabatannya pada 25 November nanti, dimana proses pemilihan rektor periode 2023-2027 sementara dilakukan, dirinya meminta agar semua pihak bersama menopang panitia sehingga proses ini boleh berlangsung dan menghasilkan rektor yang akan melanjutkan tugas-tugas ini kedepan, dengan baik.

Sapteno juga minta, agar selalu kembangkan hubungan kerjasama, baik dalam maupun luar negeri secara baik dan berkelanjutan, sehingga terjadi transfer ilmu pengetahuan dan teknologi dapat berlangsung dengan baik serta terus tingkat kualitas SDM dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa secara teratur, terukur dan berkelanjutan, demi melestarikan eksistensi Unpatti sebagai lembaga ilmiah, yang berguna bagi proses masyarakat, bangsa dan negara. (S-25)