PIRU, Siwalimanews – TNI AL menjadikan Negeri Hatusua di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Peresmian yang berlangsung dibawa sorotan tema Kampung Bahri Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi Ekonomi Masyarakat Maritim dan Terus Melaju untuk Indonesia Maju, itu diresmikan langsung oleh Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina meresmikan, Senin (4/12) .

Danlantamal IX Ambon Brigjen Said Latuconsina pada kesmepatan itu mengaku, Negeri Hatusua merupakan salah satu desa dari ratusan desa di Maluku serta 92 desa di SBB yang terpilih sebagai kampung bahari nusantara, karena layak dengan cluster yang ada.

“Peresmian ini merupakan program TNI AL dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan matra laut yang di dalamnya terdapat 5 cluster, yaitu cluster pertahanan, cluster pariwisata, cluster ekonomi, cluster kesehatan dan cluster pendidikan,” jelas Danlantamal.

Peresmian kampung bahari nusantara di SBB khususnya di Negeri Hatusua ini kata Danlantamal, merupakan salah satu perwujudan dari tugas TNI AL dalam upaya membantu pemda dalam rangka menciptakan masyarakat maritim yang cinta laut dan ikut melestarikan laut nusantara di daerahnya.

Baca Juga: Pemkab Malteng Luncurkan Program Dompet Siyafa

“Tujuannya adalah, meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dengan mensukseskan program ketahanan pangan pemerintah, selain itu juga melaksanakan pembinaan kepada masyarakat yang berkaitan dengan potensi maritim,” ucap Danlantamal.

Menurut Dalantamal, terbentuknya kampung bahari nusantara binaan Lantamal IX Ambon yang berada di wilayah SBB yakni Negeri Hatusua, mempertimbangkan beberapa hal meliputi cluster pertahanan, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan cluster pariwisata.

Adanya kampung bahari nusantara di Hatusua ini, diharapkan masyarakat yang berada di daerah sekitar dapat meningkat dari sisi ekonomi, pariwisata, pendidikan, kesehatan dan khususnya menjadi salah satu daerah pertahanan negara.

Raja Hatusua Saul Tuhuter pada kesmepatan itu menyampaikan terima kasih kepada pihak TNI AL khusunya Danlantamal IX Ambon yang mana telah menunjuk negerinya sebagai kampung bahari nusantara, karena dari 92 desa di SBB, Hutusua merupakan salah satu desa perwakilan SBB maupun Provinsi Maluku di tahun 2023.

Ia mengaku, dengan dijadikan Hatusua sebagai kampung bahari nusantara, maka dipastikan hal ini sangat membantu masyarakatnya melalui lima cluster tersebut.

“Olehnya itu apa yang sudah diberikan TNI AL khusunya Danlantamal IX Ambon terlebih Bpk Said Latuconsina, ini sangat berharga bagi kami dalam membantu masyarakat Hatusua. Kami akan merawat dan mengembangkan cluster ini lebih baik lagi, sehingga masyarakat lebih maju ke depan, terutama untuk generasi muda dapat menjadi anggota TNI AL,” ucap Tuhuteru.

Usai acara peresmian, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh Danlantamal kepada masyarakat diikuti oleh Penjabat Bupati Andi Chandra As’aduddin, serta perwakilan forkopimda, Dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh Danlantamal disaksikan oleh bupati.(S-18)