AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 931 keluarga dari warga binaan lembaga pemasyarakat di Kota Ambon menerima bantuan sosial dalam bentuk sembako serta peralatan pembinaan kemandirian. Namun, khusus napi tindak pidana korupsi (Tipikor) tidak menerima paket sembako tersebut.

Penyerahan bansos Pemkot itu diserahkan secara simbolis oleh Wa­likota Ambon Richard Louhena­pessy dan Dirjen Pemasyarakatan Ke­menkumham RI Reinhard Sili­tonga, kepada keluarga dari warga binaan di Lapas Klas IIA Ambon, Rabu (26/8).

Kakanwil Kemenkumham Provinsi Maluku Andi Nurka dalam laporan­nya mengatakan, penyaluran ban­sos kepada warga binaan ini dapat terwujud karena adanya kerjasama antara Kemenkumham dan Pemkot Ambon.

“Bansos ini diberikan kepada 931 narapidana pada lima unit pemas­yarakatan yang berada pada wila­yah Kota Ambon,” ujar Nurka.

931 warga binaan yang peroleh bantuan ini, kata Nurka, terdiri dari, 391 orang penghuni Lapas Klas IIA Ambon, Rutan Klas II A Ambon 377 orang, Lapas Perempuan Klas III  51 orang, Lembaga Pembinaan Anak Klas II 32 orang serta Balai Pe­masyarakatan (Bappas)  sebanyak 80 orang.

Baca Juga: Kapolda Gagas Pembentukan Penyuluh Agama Kamtibmas

Sementara itu, Dirjen Pemasyara­katan Kemenkumham RI Reinhard Silitonga yang hadir secara lang­sung menyaksikan penyaluran itu mengatakan, penyaluran bansos ini merupakan bagian wujud  dan si­nergitas adanya kolaborasi tiga pilar pemasyarakatan yaitu petugas, warga binaan dan unsur masya­rakat.

“Pemkot Ambon telah memberikan perhatian khusus bagi warga binaan dan keluarganya. Ini adalah bukti sinergitas Kemenkumham di Maluku dan Pemkot Ambon. Untuk itu terima kasih untuk pak Walikota Ambon yang telah memberikan bantuan ke­pada 931 napi di kota ini,” ucapnya.

Sementara itu, Walikota Ambon dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia khususnya di Ambon sangat berdampak pada perekonomian setiap keluarga. “Apa yang kita beri­kan kepada 931 warga binaan adalah berkat dari Tuhan, sehingga apa yang diberi sesuai dengan kemam­puan yang berikan,” ucapnya.

Ia berharap, apa yang diberikan oleh Pemerintah Kota Ambon bagi warga kota akan tetap bertambah.

Turut hadir dalam penyaluran bansos itu, Forkopinda Maluku, Kapolda Maluku, Kajati Maluku, Ketua KPP serta para pejabat utama di lingkup Kanwil Kemenkumham Maluku. (Mg-6)