AMBON, Siwalimanews – Akibat minimnya anggaran pemeliharaan infrastruktur jalan, menyebabkan Dinas PUPR Maluku hanya melakukan tambal sulam pada ruas jalan Ambon menuju Latuhalat.

Minimnya anggaran pemeliharaan ruas jalan provinsi tersebut diungkapkan langsung Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Maluku, Ati Tunaya kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Senin (25/9).

Tuanaya mengaku, ruas jalan Ambon menuju Latuhalat telah mengalami kerusakan pada beberapa segmen yang harus dilakukan penanganan berupa pemeliharaan rutin oleh dinas.

“Ruas jalan kita itu hanya Ambon menuju Latuhalat, sedangkan untuk akses masuk ke lokasi olahraga paralayang secara tegas merupakan kewenangan Pemerintah Kota Ambon,”  ujar Tuanaya.

Menurutnya, Dinas PUPR Maluku dapat mengintervensi jika ada kebijakan dari pimpinan guna mendukung event kejurnas paralayang yang akan dilakukan pada bulan Oktober mendatang.

Baca Juga: Jaksa Rampungkan Penyidikan Kasus Simdes Bursel

Terkait dengan paket pekerjaan pemeliharaan rutin tersebut, Tuanaya memastikan jika pihaknya telah menyediakan anggaran sebesar Rp150 juta. Anggaran tersebut diperuntukkan untuk pekerjaan tambal sulam, artinya hanya dilakukan perbaikan terhadap jalan yang telah berlubang

“150 juta rupiah itu hanya untuk Ambon-Latuhalat khusus yang lubang-lubang saja yang kita maksimalkan, sedangkan untuk  sampai ke lokasi paralayang menurut penjelasan Kadis PUPR Kota Ambon akan ditangani dengan anggaran BTT,” jelas Tuanaya.(S-20)