Sidang Sinode Gereja Protestan Maluku ke-38 yang sempat molor akhirnya berlangsung pada, Kamis (18/2) dengan agenda pemilihan Ketua MPH Sinode.

Proses pemilihan yang berlangsung sejak pagi hari akhirnya, Pendeta Elivas Tomix Maspaittela resmi terpilih sebagai Ketua Majelis Pekerja Harian Sinode GPM, periode 2020-2025.

Maspaittela terpilih dalam sidang sinode ke-38 yang berlangsung di Gedung Gereja Maranatha Ambon dengan mengantongi 202 suara, dari 274 suara peserta yang menghadiri persidangan tersebut.

Mantan Sekretaris Umum Sinode GPM itu mengalahkan rivalnya, Pendeta Isack Sapulette, yang hanya mengumpulkan 69 suara. Sementara 3 suara lainnya dinyatakan tidak sah.

Mantan Ketua MPH Sinode GPM periode 2016-2020 Pendeta AJS Werinussa yang juga bertindak sebagai Ketua Majelis Pimpinan Sidang memberi ucapan selamat, pasca Maspaitella diumumkan memperoleh suara terbanyak.

Baca Juga: Ekspor Perikanan Maluku Mulai Menjanjikan

“Seluruh warga Gereja Protestan Maluku, seluruh pelayan dan seluruh peserta sidang ke-38 Sinode GPM dengan ini mengucapkan selamat kepada Pendeta Elivas T Maspaitella, yang terpilih sebagai Ketua MPH Sinode GPM, periode 2020-2025,” ucap Werinussa.

Maspaittela sendiri sebelum masuk pada proses pemilihan tahap dua saat diberi kesempatan menyatakan kesediaanya teringat janji yang dia sampaikan saat Sidang Sinode tahun 2016 lalu.

“Saya hanya mau mengulangi janji saya seperti yang pernah saya ucapkan di tempat ini, pada tahun 2016 yang lalu, bahwa di gereja ini, saya belajar dari seluruh jemaat, saya belajar mengikuti keteladanan semua senior dan saya belajar bekerja sama dengan semua rekan pelayan, semua teman-teman saya, semua adik-adik saya, semata-mata hanya untuk mewujudkan misi Damai Sejahtera Allah dalam semangat berjalan bersama,” kata Maspaitella.

Untuk itu dengan memohon pertolongan Tuhan dan mohon doa seluruh jemaat GPM, semua pelayan khusus, Maspaitella berjanji akan melayani gereja dengan sepenuh hati sesuai kehendak Allah.

“Kiranya Tuhan menolong kita dalam tugas kudus ini,” ucapnya.

Pendeta Elivas sendiri, dikenal sebagai tokoh muda gereja yang pintar dan rendah hati serta bersahaja dan mudah bergaul. Bahkan saat ia terpilih, ucapan selamat menghiasi media sosial facebook baik dari warga GPM maupun dari para tokoh dari gereja-gereja sahabat.

Bahkan ucapan selamat datang juga dari para tokoh dari kalangan basudara Muslim, akademisi hingga mahasiswa. Ini membuktikan Maspaittela bukan hanya dikenal di kalangan GPM saja, namun seluruh masyarakat Maluku.

Performa Maspaittela inilah yang dinantikan masyarakat Maluku, khususnya umat GPM, dengan harapan Maspaittela mampu membawa perubahan serta memajukan GPM dengan program-program briliannya.

Umat menanti kepemimpinanmu Pendeta Elivas Tomix Maspaittela untuk melayani gereja dengan sepenuh hati sesuai kehendak Allah. Amin. (**)