KABUPATEN Maluku Barat Daya kembali meraih prestasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award  Tahun 2023 yakni Taman Meditasi Kukmomor Kisar, berhasil menyabet juara pertama pada katagori wisata dataran tinggi.

Selain itu, Pantai Maetimarang Kabupaten Maluku Barat Daya juga berhasil meriah peringkat terbaik kedua pada kategori destinasi wisata baru. Pada kategori ini, juara pertama diraih Air Terjun Pria Laot, Kota Sabang dan juara ketiga diraih oleh Air Terjun Talisewu, Kabupaten Kolaka Timur.

Bupati MBD, Benyamin Th. Noach, yang menerima langsung penghargaan API Award Tahun 2023 di Kota Ambon (1/11) menjelaskan, setelah Gunung Kerbau, Pantai Welora, Pantai Ilmarang, Pantai Syota, di Kabupaten MBD yang meraih juara pada kategori dataran tinggi terpopuler dan destinasi wisata baru pada ajang Anugerah Pesona Indonesia beberapa waktu lalu, kini Taman Meditasi Kukmomor di Pulau Kisar dan Pantai Meatimarang yang berkompetisi pada API Awards 2023 kembali meraih juara pertama dan kedua, setelah masuk nominasi API Award 2023 pada kategori dataran tinggi terpopuler dan destinasi wisata baru.

“Ini menunjukan bahwa masyarakat MBD sangat peduli dengan anugerah Tuhan berupa alam yang indah yang diberikan kepada bumi Kalwedo. Sebagai bupati, saya memberikan apresiasi kepada masyarakat MBD,” ujar bupati.

Bupati menambahkan, Kabupaten MBD banyak sekali memiliki potensi wisata, baik wisata laut, pantai maupun produk penunjangnya. Olehnya itu sebagai pemimpin di wilayah MBD, dirinya berkomitmen untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di wilayah kabupaten Maluku Barat Daya.

Baca Juga: Kota Ambon Jadi Tuan Rumah API Awards 2023

Lebih lanjut Bupati mengatakan, pihaknya akan segera menyiapkan langkah strategis untuk Ajang API Award tahun depan dengan membangun infrastruktur lainnya. Kemenangan Taman Meditasi Kukmomor Kisar dan Pantai Meatimarang dapat memberi semangat dan inspirasi bagi semua pihak terutama pemerintah desa dan stakeholder lainnya sehingga potensi pariwisata MBD makin terus berkembang.

“Semoga kemenangan ini menjadi inspirasi bagi kita bersama. Memacu semangat kita untuk berkreasi dan berinovasi mengembangkan desa-desa kita yang banyak memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa,” harapnya.

Ia berharap, objek wisata di MBD terus dikembangkan dan dibangun terutama sarana pendukung sehingga makin banyak orang datang dan menikmati keindahan Bumi Kalwedo.(S-27)