AMBON, Siwalimanews – Usai menerima pataka Kodam XVI/Pattimura dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa, kini  Mayjen TNI Jeffry Apoly Raha­warin resmi menjabat  Pangdam XVI/Pattimura.

Rahawarin resmi menjabat Pang­dam Pattimura ditandai dengan serah terima jabatan yang juga di­gelar di Markas Besar TNI-AD, Jakarta Pusat Jumat (5/3). Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin adalah putra asli Maluku yang lahir di Ambon, 21 Januari 1964,  dan merupakan lulusan akademi militer (Akmil) atau Akabri tahun 1988, sebelum men­jabat Pangdam Pattimura, menjabat sebagai Staf Ahli (Sahli) Bidang SDM dan Teknologi Kemenko Pol­hukam.

Sedangkan Pangdam XVI/Patti­mura yang lama Mayjen TNI Agus Rohman menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Per­tahanan (Pangkogabwilhan) III menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang saat ini menjabat sebagai Kasum TNI.

Kapendam XVI/Pattimura Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan membenarkan kalau saat Ini Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin resmi menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura. “Saya berharap kepada semua pihak, seluruh masyarakat Maluku dan Maluku Utara untuk mendukung tugas beliau selama menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura,” harap Nuhujanan kepa­da Siwalima Sabtu (6/3).

Direncanakan hari  ini Senin (8/3), Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry Apply Rahawarin tiba di Ambon sekaligus melaksanakan tradisi penerimaan.

Baca Juga: Serahkan Kartu Taspen, Gonga Ingatkan CPNS

Untuk diketahui, Mayjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin lahir di Ambon, 21 Januari 1964 atau saat ini berusia 55 tahun. Putra Kei itu adalah seorang perwira tinggi TNI-AD yang sejak 20 Desember 2018 mengemban amanat sebagai Asdep Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam.

Rahawarin, lulusan Akmil 1988 ini berpengalaman dalam Infanteri. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini ini adalah Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Kemenkopolhukam.

Berikut ini riwayat jabatan Rahawarin diantaranya Dandim 0405/Lahat, Asintel Kasdam II/Sriwijaya (2010). Kepala Bidang Pemilu Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden pada Asdep Koordinasi Pengelolaan Pemilu Kemenkopolhukam (2012). Asdep Koordinasi Intelijen Pertahanan Kemenkopolhukam (2018). Asdep Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Kemenko Polhukam (2018) dan Staf Ahli  Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Teknologi Kemenkopolhukam (2020-2021). (S-32)