BULA, Siwalimanews – Guna menekan tingginya harga kebutuhan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar pangan murah.

Sejumlah bahan kebutuhan seperti Beras, Gula Pasir, Minyak Goreng, Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe Keriting, Cabe Rawit sampai Tomat dijual dengan harga murah bagi masyarakat.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dalam sambutan ketika membuka pangan murah yang dipusatkan di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan berharap agar kegiatan ini dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya yang kurang mampu.

“Saya minta kepada dinas, kebutuhan pokok yang dijual tetap diprioritaskan dan mendahulukan masyarakat yang kurang mampu dengan tetap memperhatikan harga jual yang terjangkau,” tegas Keliobas.

Ia mengaku dengan naiknya harga beberapa kebutuhan pokok saat ini, sebagai akibat stok dan ketersediaan yang berkurang. Hal ini memicu inflasi pada harga komoditas pangan tertentu.

Baca Juga: Pemprov tak Serius Bayar Hutang RS Haulussy

“Harus menjadi perhatian serius kita semua dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari,” jelasnya.

Gerakan pangan murah juga merupakan salah satu bentuk pengendalian inflasi di daerah dalam kaitannya dengan memastikan, ketersediaan, keterjangkauan, harga barang kebutuhan pokok menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Olehnya Keliobas yakin akan mempercepat laju penurunan inflasi di Maluku.

Ditempat yang sama Pelaksana Tugas Kadis Ketahanan Pangan SBT Mony mengatakan kegiatan ini dalam rangka pengendalian inflasi dan stabilisasi pasokan harga pangan serta upaya mendukung daya beli bagi masyarakat kurang mampu.

“Gerakan pangan murah ini mudah-mudahan bisa menjadi bagian dari pada mengintervensi pemerintah daerah. Untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat dalam kaitannya dengan mengurangi angka kemiskinan,” ungkapnya. (S-27)