AMBON, Siwalimanews – Pelasakanaan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Idul Adha 1441 H kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana penyembelihan diwajibkan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Penerapan protokol kesehatan juga dilakukan oleh para pengurus Masjid Raya Al Fatah Ambon saat melakukan penyembelihan hewan kurban, pada Jumat (31/7) di halaman masjid tersebut.

“Kita Panitia Idhul Adha Masjid Raya Al Fatah untuk Idul Adha 1441 H ini akan menyembelih sebanyak 22 ekor hewan kurban. Proses penyembelihannya juga tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah,” jelas Pengurus Masjid Raya Al Fatah Fausia Atamimi kepada Siwalimanews disela-sela pemotongan daging kurban.

Dijelaskan, 22 ekor hewan kurban yang diterima Masjid Raya Al Fatah dari berbagai pihak tahun ini terdiri dari 18 ekor sapi dan 4 ekor kambing. Hari ini baru kita sembelih 2 ekor Sapi dan kemungkinan besar sampai dengan Senin (3/8) baru proses peneyembelihan semua hewan kurban ini selesai.

Penyembelihan hewan kurban ini juga dialkukan setelah Sholat Idul Adha yang dilanjutkan dengan Sholat Jumat, sehingga proses penyembelihan baru dapat dilakukan pada pukul 14.25 WIT.

Baca Juga: 4 Calon Akpol Panda Maluku Lolos ke Semarang

“Kebetulan juga perayaan Idul Adha kali ini bertepatan dengan Sholat Jumat dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban dan saat ini sementara berlangsung pemotongan di halaman masjid dan protokol kesehan tetap diperhatikan dalam penyembelihannya,” ucap Atamimi.

Sementara untuk proses pembagian daging kurban sendiri kata Atamimi, pihak panitia akan mengaturnya nanti agar tak ada penumpukan masyarakat, sebab pembagian daging ini menggunakan sistim kupon yang telah dibagi sesuai dengan data yang diberikan kepada pengurus masjid.

“Jadi cara pengambilannya, masyarakat yang datang ambil daging kurban harus menunjukan kuponnya ke panitia, baru akan diarahkan untuk ambil dagingnya,” tutur Atamimi.

Pada kesempatan itu, Atamimi atas nama Pengurus Masjid Raya Al Fatah mengucapkan terimah kasih kepada semua pihak yang telah menyumbangkan hewan kurban kepada Masjid Raya Al Fatah.(Mg-5)