Pernah dengar mengenai perawatan kulit dengan steam wajah? Bagi beberapa orang, steam atau teknik uap wajah tidak begitu familiar sebagai bagian dari perawatan kecantikan sehari-hari. Ternyata steam wajah sangat berpengaruh pada kesehatan kulit dan memaksimalkan hasil perawatan yang dilakukan.

Biasanya perawatan steam wajah dilakukan di klinik kecantikan seperti salon yang begitu memakan waktu dan cukup menguras kantong. Namun tidak perlu khawatir karena perawatan steam wajah sebenarnya bisa dilakukan di rumah.

Persiapannya cukup praktis tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Hanya dengan menyiapkan baskom atau mangkuk besar berisi air panas dan handuk, kamu bisa menghasilkan kulit wajah yang bersih dan berseri.

Cara yang digunakan untuk melakukan steam wajah juga sangat sederhana. Hanya perlu merebus air dalam panci hingga mendidih. Kemudian tuangkan air yang sudah mendidih ke dalam wadah yang tahan panas dan uapkan pada wajah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan ekstrak herbal atau minyak–seperti chamomile, rosemary, lavender, geranium–ke dalam wadah yang sudah berisi air panas.

Melansir Rewardme, terdapat banyak manfaat kecantikan yang bisa diperoleh jika rutin menyertakan steam wajah dalam tahapan perawatan kulitmu.

Baca Juga: Bagi Wanita, Orgasme Tak Cuma Urusan Penetrasi
  1. Menenangkan kulit

Menguapi wajah memberikan efek menenangkan pada kulit, apalagi jika menambahkan minyak esensial atau herbal pada air panas. Efek aromanya membuat kulit dan tubuh rileks.

  1. Menghilangkan komedo

Pori yang tersumbat oleh komedo menjadi penyebab kulit berjerawat dan memicu permasalah kulit lainnya. Komedo akan rontok jika rajin melakukan facial steam.

  1. Mengeluarkan kotoran dan toksin

Uap membuat wajah berkeringat dan membuka pori-pori. Keringat itu membawa kotoran ke permukaan kulit. Dengan melakukan steam wajah, keringat melepaskan minyak dan kotoran wajah, bahkan sisa make-up yang masih mengendap dalam pori-pori.

  1. Mengikis sel kulit mati

Penguapan wajah yang dilakukan dapat membuat pembuluh darah di wajah mengalir. Proses penguapan wajah mempercepat eksfoliasi, mengikis lapisan sel kulit mati, dan membantu meremajakan kulit.

  1. Mengoptimalkan penyerapan skincare

Rutin melakukan steam wajah akan mengoptimalkan penyerapan skincare. Dengan terangkatnya sebum, kotoran, dan bakteri, tidak ada lagi partikel-partikel yang menghalangi pori-pori kulit. Sehingga produk skincare dapat terserap lebih baik dan akan memberikan hasil yang maksimal.

  1. Menghilangkan jerawat

Penguapan wajah juga dapat menghilangkan sel kulit mati, bakteri, kotoran, dan minyak berlebih dari kulit, sehingga dapat mencegah jerawat. Jerawat disebabkan oleh kotoran dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Penguapan wajah juga dapat melembutkan lapisan atas kulit untuk menghapus semua kotoran dan membantu kulit untuk bernapas.

  1. Membunuh bakteri

Sekalipun Anda tidak terserang flu, ketahuilah dengan melakukan steam wajah secara rutin, virus-virus itu akan menjauh dan membantu meredakan hidung tersumbat.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Uap panas dari steam wajah memberikan respons untuk darah agar mengalir dengan lancar serta menyalurkan oksigen dan nutrisi pada kulit. Inilah salah satu manfaat facial steam yaitu wajah yang kusam menjadi cerah dan lembap. (*)