AMBON, Siwalimanews – Ketua DPD Partai Gerindra Maluku Hendrik Lewerissa mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Maluku di lima partai politik pemilik kursi di DPRD. Kelima parpol tersebut masing-masing, Partai Keadilan Sejahtera, Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Hati Nurani Rakyat.

Salah satu pengurus partai Gerindra Maluku Jhon Laipeny kepada wartawan di Sekretariat DPW PKS Maluku, Kamis (25/4) menjelaskan, pasca arahan DPP diterima terkait dukungan kepada Lewerissa untuk maju dalam pilkada serentak, pihaknya langsung bergerak untuk mengambil formulir di lima partai politik.

“Semalam kita mendapatkan arahan, bahwa kader-kader Gerindra wajib didorong untuk maju dalam pilkada serentak, termasuk di Maluku, maka atas perintah pak Hendrik kita langsung ambil formulir pendaftaran,” ujar Laipeny.

Menurutnya, keseriusan majunya Ketua DPD Partai Gerindra itu ditunjukkan melalui jajaran pengurus Gerindra dan relawan mengambil formulir pendaftaran di sejumlah partai politik.

PKS menjadi partai pertama yang didatangi Hendrik Lewerissa melalui utusannya untuk mengambil formulir dan diterima Sekretaris DPW PKS Maluku Abdul Gani Lestaluhu dan pengurus PKS Yoan Fautngilyanan.

Baca Juga: Tahapary Kembali Merapat ke PKS

Di PKS, proses pendaftaran dijalani dalam suasana kekeluargaan dan keakraban. Bahkan saling lempar kode soal warna PKS yang identik dengan orange-putih “cocok” dengan warna Gerindra yang dominan putih.

“Pa Hendrik sangat serius terhadap semua proses, terutama dengan PKS, sehingga jadi partai pertama yang ambil formulir. Serius terhadap semua syarat dan mekanisme PKS, komitmen HL dalam membangun Maluku sudah jelas, lima tahun menjadi wakil rakyat chemistry dapat di PKS,” tandas Laipeny.

Sementara itu Sekretaris DPW PKS Maluku, Abdul Gani Lestaluhu, mengapresiasi Gerindra dan HL yang mengistimewakan PKS, karena jadi partai pertama mendaftar. Meski begitu PKS tetap terbuka kepada siapa saja dan semua kandidat memiliki kans serta peluang yang sama untuk didukung PKS.

“Kami welcome sekali kepada Gerindra dan pak Hendrik yang mau datang ke PKS bahwa kandidat balon Gubernur dan Wakil Gubernur yang mendaftar semua memiliki kans dan peluang untuk didukung PKS,  karenanya diharapkan mengikuti semua mekanisme dan aturan di internal PKS,” tandasnya.

Setelah PKS giliran Partai Demokrat yang disambangi. Michael Papilaya diutus khusus mewakili HL ke partai berlambang bintang mercy itu.

Seusai dari PKS dan Demokrat di Poka, Partai Kebangkitan Bangsa, PDIP dan Partai Hanura menjadi sasaran mendaftar.(S-20)