AMBON, Siwalimanews – DPRD Kota Ambon meng­ingatkan kepada pemerintah daerah, segera melakukan operasi pasar demi menekan tingginya harga kebutuhan masyarakat.

“Kami takutkan momentum jalang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah ini dimanfaatkan untuk mencari untung oleh oknum-oknum pedagang tertentu,” tegas Wakil Ketua DPRD Kota Ambon, Rustam Latupono, kepada wartawan, Rabu (12/4).

Kenaikan harga barang kebu­tuhan menurutnya harusnya dikon­trol oleh pemerintah demi memberi jaminan harga yang stabil dan terjangkau bagi masyarakat.

Untuk itu guna mengantisipasi lonjakan harga jelang Idul Fitri, ia meminta Dinas Perindag segera lakukan operasi pasar.

“Kalau bisa pekan ini digelar operasi pasar. Karena sebentar lagi umat Islam sudah ada pada hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah,” pintanya.

Baca Juga: Dewan Bentuk Pansus Bongkar Mafia di Pasar Mardika

Pemerintah melalui Tim Pengen­dalian Inflasi Daerah Kota Ambon, jelasnya harus dapat menstabilkan harga barang di pasar-pasar tra­disional.

Selaku lembaga DPRD, pihaknya tentu berharap, ini semua dapat dijalankan dengan baik.

Selain soal harga barang, ia juga meminta Pemda Maluku untuk mengoptimalkan pengamanan transportasi, baik di laut, darat maupun udara, dengan melakukan koordinasi bersama seluruh pihak, termasuk TNI-Polri.

“Saya kira ini penting, pemda perlu koordinasi dengan aparat TNI-Polri untuk optimalkan pengamanan di berbagai titik-titik transportasi jelang hari raya hingga pasca lebaran,” katanya.

Menurutnya, jelang hari-hari besar keagamaan, pasti akan dibentuk tim pengamanan yang didalamnya terdiri dari sejumlah pihak terkait termasuk TNI-Polri.

Namun, tim pengamanan itu sambungnya, harus benar-benar bisa memastikan kinerjanya di lapangan bisa berjalan optimal atau tidak.

“Kami harap, kerja-kerja di lapangan harus bisa optimal,” harapnya. (S-25)