AMBON, Siwalimanews – Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari melantik dan mengambil sumpah 55 komisioner KPU pada 11 kabupaten/kota se-Maluku.

Pelantikan berlangsung di Kantor KPU RI Jakarta, Senin (1/4) malam berdasarkan SK Nomor 435-450 tahun 2024 tentang Anggota KPU Kabupaten dan Kota pada 16 kabupaten/kota di empat provinsi periode 2025-2029 tanggal 28 Maret 2024.

Hasyim dalam kesempatan itu mengingatkan seluruh komisioner KPU yang dilantik agar tetap bekerja sesuai aturan perundangan-undangan yang berlaku, khusunya terkait pemilu dan pilkada, dengan tetap  berpegang pada kode etik penyelenggara pemilu.

Jika KPU kabupaten/kota bekerja sesuai aturan, maka tidak akan goyah terhadap intervensi pihak manapun dengan tujuan tertentu.

“Kalau aturan yang menjadi landasan dalam bekerja, maka tidak mudah goyah terhadap berbagai macam tekanan atau hal lain yang dianggap mengganggu jalannya pemilu atau pilkada,” tegas Hasyim.

Baca Juga: Brigjen Antoninho Jabat Danrem 151 Binaiya

Selain itu kata Hasyim, para komisioner KPU harus tetap menjaga hubungan yang harmonis diantara sesama anggota, termasuk bersama pihak sekretariat sebagai komponen pendukung utama bekerja.

“Mengingat KPU adalah lembaga yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pemilih, maka saya minta bekerja dengan keras, sungguh-sungguh, tanggungjawab dan berintegritas agar kualitas pemilu tetap terjaga,” pinta Hasyim.

Komisioner KPU yang dilantik masing-masing, KPU Buru terdiri dari, Amsan Besan, Faisal Amin Mamulaty, Masri Kaimudin, Muhammad Gozali At Thabrany, Saiful Kabau dan Walid Aziz. KPU Bursel, Disman Longa, Husni Hehanussa, Imran Loilatu, Mahyudin Tomia, Moh Hasan Fakaubun.

Selanjutnya, KPU Maluku Tengah terdapat Abdul Azis Latuconsina, Abdurahim Lesnussa, Erik Ridwan Syukur, Harold Yumatheo Pattiasina dan Samsudin Makuituin. KPU SBB diantaranya Kasilaya, Roy Firdaus Attamimi, Saadia Tubaka, Upang Djalal dan Wardi Ninilow.

Untuk Kabupaten SBT ada, Armin Saleh Rumalolas, S Heder Boften, Samas Rumodar, Septian Nugroho Siolimbona dan Syarifuddin, selanjutnya Kepulauan Aru ada Baco Djabumir, Halati Mangar, Krisna Petrus Ditubun, Robert Tildjuir dan Talib Gamar Bobir.

Sementara Kota Ambon terdiri dari Fadhilah Bachmid, Harnita, Kaharuddin Mahmud, Muhammad Fikri Latuconsina dan Vica Jilyan Edsti Saija. KPU MBD ada Agapitus Lamere, Anjani Rumra, Ape Levinus Keriapy, Rendi Marlon Manaha dan Yoma Efrina Dominggas Naskay.

Untuk Kabupaten Maluku Tenggara terdapat Asyujudiah Arif Hanubun, Basuki Rahmat Oat, Melkio Roy Renel, Sujono, dan Trikoliwa Notanubun. Kabupaten Tanimbar terdapat, Christian Matruty, Dolyanes Labobar, Florentina Layan, Obeth Natan Teftutul dan Olivier Srue.

Sedangkan Kota Tual ada Abdul Hamid Ngilitubun, Ali Rahayaan, Fredek Carter Hukubun, Junaidi Bugis dan Muttaqin Ali Renhoran.(S-20)