AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura menggelar syukuran HUT XXII yang dipusatkan di lapangan tenis indoor Tapak Kuda, di kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin, (17/5).

Pendam XVI Pattimura dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews, Selasa (18/5) menjelaskan, acara syukuran yang dilaksanakan secara virtual untuk jajaran Korem 152/Baabullah yang berada di Ternate dan satuan-satuan di luar Pulau Ambon.

Acara diawali dengan, menyanyikan lagu Mars Kodam Pattimura secara bersama-sama, dan diikuti penayangan profil Kodam yang lekat dengan semboyan Lawamena Haulala dan sejarah singkatnya.

Pangdam XVI Pattimura Mayjen Jeffry A Rahawarin dalam sambutannya menyebutkan, Kodam XVI Pattimura merupakan satuan dengan prajurit yang memiliki segudang Prestasi.

Baca Juga: Aru Peroleh 583 Kuota CPNS dan PPPK

“Hal ini terbukti dengan, perolehan juara 1 video jurnalistik TMMD ke-110, perolehan 144 pucuk senjata illegal beserta 278 butir munisi dan 2 buah bahan peledak,” ujar Pangdam.

Selain itu, keberhasilan dalam menciptakan kondisi yang stabil, aman dan tertib bersama aparat kepolisian dan menjadi jembatan terhadap masyarakat dalam penyaluran bantuan Presiden berupa handtractor.

Keberhasilan lainnya juga yakni, bersama KONI Maluku bersinergis memajukan dan membina atlet tinju di daerah ini serta membangun hubungan kekeluargaan dengan almarhum M Nuer Tawainella, yang merupakan pahlawan rakyat pencetus semboyan Lawamena Haulala.

“Saya berikan apresiasi dan juga rasa bangga atas menurunnya tingkat pelanggaran secara drastis. Saya ingatkan kembali, agar secara sungguh-sungguh dan tidak henti-hentinya berupaya meningkatkan kualitas prajurit, melalui pembinaan satuan yang terarah, terencana dan berkelanjutan,” pinta Pangdam.

Acara syukuran HUT Kodam Pattimura ini juga dilakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur. Tak hanya itu, Kodam XVI Pattimura juga memberikan penghargaan kepada sejumlah prajurit berprestasi, pencipta mars dan hymne Pattimura serta penghargaan kepada para pemenang lomba video kreatif aplikasi Klassku. (S-51)