TIAKUR, Siwalimanews – Wakil Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya, Agustinus Lekwarday Kili­kily, membuka secara resmi kegiatan pengobatan mata gratis dan pembagian kacamata baca gratis yang dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabu­paten Maluku Barat Daya, di Kabupaten Maluku Barat Daya.

“Saya ucapkan terima kasih pihak-pihak yang telah membantu menyukses­kan kegiatan ini, kepada PMI Provinsi Maluku juga PMI Kabupaten MBD serta terima kasih yang tulus kepada komite palang merah internasional atas ban­tuan tenaga serta dukungan dana guna suksesnya pelaksanaan kegiatan dimak­sud,” tutur Wakil Bupati disaat menyampaikan sambutan pada kegia­tan pengobatan mata dan pembagian kacamata baca gratis, di Halaman RSUD Tiakur, Rabu (1/11) pagi tadi.

Pemerintah Daerah akan selalu men­dukung penuh kegiatan seperti ini, dan kegiatan seperti ini bukanlah kegiatan awal dan nantinya menjadi kegiatan akhir tetapi akan terus menjadi kegiatan kerjasama rutin dalam membangun Maluku Barat Daya yang sehat.

Dikatakan, operasi katarak dan pem­ba­gian kacamata baca gratis yang telah berhasil dilaksanakan oleh PMI Provinsi Maluku selama ini dengan dukungan dari International Comitte Of The Red Cross (ICRC) atau komite palang merah international serta Pemerintah Kabu­paten/Kota di Maluku yang terlaksanan dari tahun ke tahun.

Data Kabupaten Kota yang telah me­lak­sanakan kegiatan yang sama merupa­kan daerah-daerahy yang angka kasus katarak di Maluku yang cukup tinggi.

Baca Juga: Kaum Bapak Katolik Gelar Rally Rosario

“Hal ini terjadi karena kurangnya te­naga dokter spesialis mata pada Kabu­paten Kota tersebut serta terbatasnya sarana dan prasarana kesehatan khu­sus­nya kesehatan mata dan pengeta­huan masyarakat betapa pentingnya kesehatan mata yang sangat terbatas,” katanya.

Untuk itu, Kabupaten Maluku Barat Daya juga melakukan kegiatan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis. Ini atas kerjasama PMI Maluku dengan PMI Kabupaten MBD4 serta Pemerintah Daerah Kabupaten MBD dengan dukungan dana dari International Comitte Of The Red Cross (ICRC) dengan tujuan agar mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten MBD yang minim fasilitas kesehatan mata sesuai data, melaksanakan operasi katarak secara gratis dan pembagian kacamata baca gratis bagi masyarakat di Kabupaten MBD.

Selain itu, menyebarluaskan nilai-nilai kemanusiaan gerakan Palang merah dan bulan sabit international dan mandat serta kegiatan palang merah Indonesia kepada masyarakat di Kabupaten MBD melalui promosi kesehatan, dan membantu pemerintah daerah memberantas angka kebutaan di Kabupaten MBD.

“Harapan kami sebagai Pemerintah Daerah dengan adanya kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam memberantas angka kebutaan di Maluku khususnya di MBD, terlayanilah masyarakat kabupaten/kota di Maluku khususnya Kabupaten MBD yang menderita penyakit katarak serta pasca operasi munculnya kembali sikap mandiri dan produktif bagi penderita katarak dan membantu perekonomian keluarga secara mandiri. Semoga dengan kegiatan ini memberikan manfaat dalam membantu masyarakat Kabupaten MBD dalam menjaga dan melindungi kesehatan mata,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Maluku, Jhon Ruhulessin, menuturkan kegiatan ini sebagai salah satu bentuk dukungan PMI terhadap persoalan kemanusiaan ter­-utama persoalan kesehatan masya­rakat dalam hal ini pemeriksaan mata dan katarak.  “Kita berharap kegiatan ini sukses. Terima kasih atas dukungan 4 proses bisa berjalan baik,” harapnya.

Jalannya kegiatan ini, tambah Ru­hulessin, atas kerjasama dengan Pa­lang Merah Internasional (ICRC) dengan PMI Pusat, PMI Provinsi Maluku dan Klinik Mata.

Kita memilih PMI MBD sebagai ke­giatan perdana mereka juga pemben­tukan KSR. itu dimaksudkan sebagai kekuatan inti dari proses-proses bersama PMI kedepan. (S-28)