AMBON, Siwalimanews – Ketua Dekranasda dan Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Ma­luku Barat Daya (MBD) Rely Aryani Herlina Loblobly/Noach masa bakti 2021-2026 resmi dilantik.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua tim pengerak PKK dan Ketua Dek­ranasda Provinsi Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail, di lantai VII Kan­tor Gubernur Maluku, Senin (26/4).

“Secara pribadi dan selaku Ke­tua TP PKK Provinsi Maluku, saya mengucapkan selamat kepada bapak Benjamin Noach dan bapak Agustinus Kilikily sebagai bupati dan wakil bupati MBD terpilih yang telah dilantik oleh bapak gubernur pada hari ini dan demikian juga ucapan selamat, ia sampaikan ke­pada Ny. Rely Noach selaku ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda MBD yang baru saja dilantik,” kata Widya saat menyampaikan sam­butannya.

Widya juga mengatakan, pe­lantikan ini membuktikan komit­men dan konsistensi pemerintah untuk terus mendorong dan men­dukung gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga se­bagai gerakan nasional yang tumbuh dari, oleh, dan untuk mas­yarakat dengan perempuan seba­gai motor penggeraknya, menuju terwujudnya keluarga sehat, sejahtera, lahir dan batin.

Selain itu, kata Widya, momentum pelantikan Ketua TP PKK MBD, hendaknya menginspirasi semua perempuan di daerah ini untuk menjadi garda terdepan dalam upaya peningkatan ketahanan keluarga dan masyarakat, melalui koordinasi dan kerja sama yang baik dengan Pemerintah daerah sebagai mitra TP PKK di MBD.

Baca Juga: Polisi Intens Buru Penembak Warga Siri Sori Amalatu

“Untuk itulah, pada kesempatan ini saya menghimbau kepada TP PKK Kabupaten MBD setelah pelantikan ini perlu melanjutkan dan memantapkan program kerja PKK kedepan, sebagai imple­mentasi pelaksanaan 10 program pokok PKK dengan program prio­ritas dan unggulan, antara lain me­nurunkan stunting sebagai salah satu program Nasional, serta program kerja yang nantinya disusun harus mampu meningkatkan profe­sionalisme dan kinerja Tim Peng­gerak PKK, dalam mewujudkan kuantitas dan kualitas sumberdaya manusia kader PKK,” imbaunya.

Selain itu ia juga mengatakan, TP PKK sebagai suatu gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga merupakan wahana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum perem­puan, sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan, khususnya bagi pembinaan keluarga, yang dida­lamnya terdapat generasi muda bangsa, sebagai penerus dan pe­waris pembangunan, demi kese­jah­teraan masyarakat di daerah ini.

Dirinya sangat mengharapkan, ki­ra­nya momentum Pelantikan Ketua TP PKK Kabupaten MBD ini, dapat memberi inspirasi kepada semua perempuan di daerah ini menjadi gar­da terdepan memberantas masalah-masalah sosial yang dihadapi, sekaligus menjadi agen-agen rekonsiliasi bina keluarga kecil, sehat dan sejahtera, bagi kemas­lahatan seluruh masyarakat.

Ia berharap, setelah pelantikan, tugas utama yang harus dilakukan Ketua Dekranasda adalah mem­persiapkan kepengurusan, pelanti­kan dan Rakerda sebagai amanat konstitusi Dekranas. Tugas utama ini menjadi prioritas dalam men­jalankan amanah.

Selanjutnya, dalam menetapkan program kerja lima  tahun kedepan, seyogianya berlandaskan Angga­ran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Dekranas Tahun 2020.

“Selain itu, program dan kegiatan yang nantinya disusun dan dite­tapkan harus memberikan sentu­han dari penjabaran terhadap visi dan misi Pemkab, sehingga pola kemitraan antara Dekranasda dan Pemkab dapat terjalin dalam menggapai kesejahteraan hidup masyarakat khususnya pelaku industri kerajinan di Kab. MBD.

“Pada konteks inilah, Dekranasda sebagai wadah berhimpun pelaku industri kerajinan di daerah, perlu mendapat sentuhan melalui pem­binaan dan pendampingan dengan berbagai pengetahuan dan kete­rampilan, sehingga memberikan dampak signifikan secara masif bagi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat dan pembangunan industri di daerah,”  tandasnya. (S-39)