NAMLEA, Siwalimanews – Kelompok nelayan di Desa Persiapan Saliong Kecamatan Namlea,  Kabupaten Buru mendapatkan pelatihan manajemen produksi dan kewirausahaan budidaya rumput laut

Pelatihan ini diberikan oleh pengajar dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Iqra Buru.

Wakil Dekan FPIK Uniqbu M. Ikbal Zakariah menjelas­kan, kegiatan ini merupakan langkah awal dari keluarga besar Fakultas PIK untuk memberikan kontribusi positif dalam pengembangan potensi perikanan, sekaligus mempererat ukhuwah Islamiyah dengan masyarakat Desa Saliong.

“Kegiatan pelatihan untuk kelompok pembudidaya rumput laut ini melibatkan Dinas Perikanan Buru yang membawakan materi terkait program kerja dinas, khususnya dibidang perikanan budidaya. Sedangkan pihak BRI Unit Namlea bawa materi terkait program KUR,” ujar Ikbal.

Sementara pemateri dari unsur fakultas kata Ikbal, dibawakan oleh Kepala Prodi Budidaya Perairan, Samsia Umasugi dan Metheos Talakua yang merupakan perwakilan dosen.

Baca Juga: Vaksinasi Masyarakat Digelar Door to Door

Untuk kemeriahan kegiatan PKM ini, dilanjutkan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang melibatkan unsur dari BEM Fakultas PIK, Majelis Shalawat, Hadyunabi WalItrah dan masyarakat Desa Saliong.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Ya­yasan Muslim Buru, Ismiran Watti­heluw, Rektor Uniqbu M. Sehol dan Kepala Desa Saliong, Nurain Ka­bau. Untuk hikmah Maulid disam­paikan oleh ustad Djafar Shodiq Assagaff dengan tema Meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW kita tingkatkan kepedulian dan keber­samaan di masa pandemi. (S-31)