AMBON, Siwalimanews – Kasdam XVI Pattimura Brigjen Agung Pambudi menjelaskan, Pancasila memiliki peran penting dalam pemilu, yaitu implementasi kedaulatan rakyat bagi negara demokrasi dan sarana membentuk perwakilan politik pada pergantian pemimpin secara konstitusional.

“Dewasa ini marak terjadi gejala menurunnya nilai-nilai Pancasila. Untuk itu perlu adanya upaya menumbuhkan dan menggugah kembali nilai-nilai Pancasila di masyarakat, khusunya bagi mahasiswa sebagai generasi muda, salah satunya dengan dialog dan seminar Kebangsaan,” ucap Kasdam saat memeparkan materinya tentang tentang Pengamalan Ideologi Pancasila Melalui Pemilu Damai dan Demokratis pada dialog dan seminar Kebangsaan yang digelar Universitas Pattimura di Gedung Rektorat, Rabu (31/1).

Selain itu Kasdam juga menegaskan, TNI tidak memihak atau memberikan dukungan kepada parpol atau pasangan calon yang diusung dalam pemilu, sebab TNI tetap netral .

“TNI tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis sesuai dengan instruksi Panglima TNI No. Ins/1/VIII/2023 tanggal 21 Agustus 2023 tentang Pedoman Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada,” tegas Kasdam.

Untuk diketahui selain Kasdam Pattimura, narasumber lainnya yang juga memaparkan materi mereka yakni, Kepala BIN Daerah Maluku Brigjen Anton I Popang, Dirkrimsus Polda Maluku Kombes Hujra Soumena, serta akademisi Unpatti Holiab Wattloly.(S-10)

Baca Juga: DPRD Pertanyakan Dasar Kelulusan 15 peserta Seleksi PPPK di Damkar