Piru, Siwalimanews – Dalam rangka Safari Kam­tibmas mingguan, Kapol­sek Piru Iptu. Idris Mu­kadar didampingi Kanit Bi­mas Brifka F. Laamena sam­bangi Jemaat GPM Desa Morekao Kecamatan Seram Barat Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Minggu (24/1).

Safari Kamtibmas ming­guan ini berlangsung pukul 10.39 WIT usai warga me­laksanakan ibadah, bertem­pat di Gedung Gereja Eben­haezer Jemaat GPM More­kao Klasis Seram Barat.

Dalam safari tersebut,  Kapolsek Piru memper­kenalkan diri kepada jemaat sebagai Kapolsek Piru dan sekaligus menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

“Kita sebagai manusia selalu panjatkan puji dan syukur atas kasih dan sa­yang dari Tuhan Yang Maha Kuasa, karena kita masih diberikan kesehatan lahir batin dan panjang umur se­hingga jemaat masih me­laksanakan ibadah di pagi ini,” ungkap Mukadar, kepa­da melalui pesan Whats­App, kepada Siwalima, Minggu (24/1).

Mukadar mengatakan, diri­nya baru menjabat se­bagai Kapolsek Piru baru 1 bulan 17 hari dan sudah mengunjungi 7 gereja dan 7 mesjid untuk bertatap muka dengan masyarakat dalam menyampaikan Kamtibmas.

Baca Juga: 14.920 Dosis Vaksin Sinovac Tambahan Tiba di Maluku

“Apa yang dilakukan ini merupakan kegiatan rutini­tas untuk menyampaikan himbauan-himbauan dan pesan  terkait dengan Kam­tib­mas. Sebab di wilayah hukum Polsek Piru ada be­berapa peristiwa yang terjadi yang menjadi perhatian dan kewaspadaan bersama sa­lah satunya, terjadi perma­salahan perkelahian antara masyarakat Desa Lumoli dan Dusun Translok bebe­rapa waktu lalu hingga memakan korban,” jelasnya.

Dirinya berharap, agar masya­rakat turut bersama-sama men­jaga keamanan dan ketertiban lingkungan bersama serta saling menghargai dan hormat menghor­mati satu sama lainya.

Atas kejadian persoalan yang terjadi di Lumoli dan Translok itu, kata dia, hanya masalah sepeleh yakni menggunakan kenalpot rexing dan pengendara sudah dipengaruhi oleh minuman keras se­hingga mengga­nggu kenyama­nan warga yang se­dang beris­tirahat dan berdampak terhadap gangguan Kamtibmas.

“Saya mengharapkan kesada­ran masyarakat di Desa Morekao untuk  tinggalkan aktifitas menkon­sumsi minuman keras tersebut, karena sebagaian besar kejadian kriminalitas yang terjadi karena pelaku sudah dipengaruhi oleh minuman keras. Untuk itu mari kita saling mengingatkan kepada anak – anak kita, saudara-saudara kita untuk tinggalkan minuman keras. Sebab dengan mengkonsumsi miras tidak ada gunanya dan dapat merusak diri sendiri dan dapat me­nimbulkan perkelahian sehingga terjadi konplik,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Majelis Jemaat GPM Morekao Pendeta Y. Susanto mengungkapkan, atas nama perangkat Majelis Jemaat bersama Jemaat Morekao me­nyam­paikan terima kasih kepada Kapol­sek Piru dan jajarannya, yang telah meluangkan waktu untuk hadir ber­tatap muka langsung dengan mas­yarakat Desa More­kao, untuk me­nyampaikan himbau­an dan pesan terkait dengan situasi Kamtibmas.

“Kami dari perangkat Majelis Je­maat sudah memberikan himbau­an yang sama kepada jemaat kami, untuk itu apa yang sudah disampaikan Kaposek Piru tentang Kamtibmas agar dapat dilaksana­kan demi kehidupan orang basu­dara di Desa Morekau,” tuturnya.

Dikatakan, dengan mening­katkan Kamtibmas di wilayah ini dengan program safari kamtib­mas mingguan yang dilaksankan Pol­sek Piru ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi Jemaat.

“Dengan program ini semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu mem­berkati Kapolsek Piru dan jajarannya dalam melaksanakan tugas mela­kukan pendampingan kepada masyarakat dalam mem­be­rikan himbauan serta pesan Kamtibmas,” katanya. (S-48)