AMBON, Siwalimanews – Kaesang Pangarep diberi gelar adat M,Ya Huan Uli Siwa Siwa Samasuru Amalatu atau bakap angkat oleh Upu Negeri Hutumuri Agus Thenu, di Baile Suluh Waming, Negeri Hutumuri, Selasa (26/12)

Usai dikukuhkan, Kaesang diberi minuman Sopi sebagai simbol persaudaraan dan diberikan Tahuri (salah satu alat musik Negeri Hutumuri yang berbahan dasar cangkang kulit bia), sebagai lambang kehormatan.

Usai prosesi adat pengukuhan di Baileo, Kaesang dan rombongan diboyong ke Gedung Gereja Baitlehem Hutumuri, dan selanjutnya menuju lokasi ramah tamah dan disambut Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, yang juga anak Negeri Hutumuri.

Aman Upu/Tuan Tanah, Agus Thenu, kepada Siwalima menjelaskan, bahwa sebelum dikukuhkan, masyarakat Hutumuri telah meminta kesediaan Kaesang.

“Kita tahu dia (Kaesang) mau datang ke Hutumuri, dengan itu kita minta, agar dia menjadi bapak angkat dari masyarakat Negeri Hutumuri,” ujarnya.

Baca Juga: Didukung Kementerian BUMN, PWI Segera Gelar UKW

Sebagai bapak, sebagai orang tua masyarakat Hutumuri, lanjutnya Kaesang punya kewajiban dan tanggung jawab untuk melihat negeri ini dan masyarakatnya, selaku anaknya.

“Maksudnya, selayaknya bapak kepada anak, artinya ketika anaknya membutuhkan sesuatu, agar itu bisa diperhatikan. Intinya peran dia sebagai bapak dari masyarakat Negeri Hutumuri,” harapnya.(S-25)