AMBON, Siwalimanews –  Pelaksana tugas Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Maluku Saiful Sahri memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Lapas Kelas IIB Piru, yang turut ambil bagian dalam program ketahanan pangan nasional melalui penanaman jagung.

Apresiasi tersebut disampaikan Kadivpas usai melakukan penanaman jagung perdana bersama dengan Kalapas dan jajaran Divpas Maluku di Piru, Kabupaten Seram Bagian Barat, Selasa (22/2).

“Seyogyanya, kegiatan ini ingin dilakukan langsung oleh Pak Kakanwil. Intinya kami di wilayah sangat mengapresiasi upaya Lapas Piru untuk turut berperan dalam program ketahanan pangan nasional,” tandas Saiful.

Menurutnya, beberapa waktu yang lalu, Kakanwil juga telah melakukan hal yang sama di Lapas Namlea, dan beliau sangat mendukung hal tersebut. Harapannya Kanwil Maluku dapat memberikan sumbangsih maksimal dalam program ketahanan pangan nasional.

“Program ini akan memberikan kontribusi positif, baik untuk menopang  pembinaan kemandirian di Lapas maupun untuk meningkatkan pendapatan negara bukan pajak (PNBP),” tuturnya.

Baca Juga: Pegawai dan WBP Lapas Ikut Vaksinasi

Sementara itu, Kalapas Piru Taufik Rahman mengaku, program penanaman jagung manis di Lapas Piru akan dilakukan dalam tiga tahapan dengan memanfaatkan 1,2 ha lahan yang dimiliki.

“Kami ingin program ini berkesinambungan, oleh karena itu kami buat dalam tiga tahapan sehingga tidak terputus,” ujar Taufik.

Ia juga mengapresiasi dukungan Kaknwil dan jajaran Divpas Maluku untuk program-program pembinaan di Lapas Piru. (S-21)