KEPALA Dinas Kesehatan (Kadinkes) Maluku Tengah (Malteng), Zahlul Ikhsan, menegaskan, pihaknya bersama Penjabat  Bupati Malteng, Muhamat Marasabessy, telah mengusulkan pembangunan Rumah Sakit Umum (RSU) Pratama di empat lokasi termasuk di Kecamatan Seram Utara (Serut).

“Jadi ada empat lokasi yang dibangun RSU, yakni pembangunan RSU Pratama Seram Kecamatan Tehoru, Pembangunan RSU Pratama Kecamatan Leihitu, pembangunan RSU Pratama Kawasan Terpadu Mandiri Kecamatan Seram Utara Kobi Serut, dan pembangunan RSU Pratama Pulau  Haruku”, kata Zahlul kepada wartawan, Senin (31/10).

Pernyataan Zahlul sekaligus menyikapi permintaan salah satu anggota DPRD Provinsi Maluku, Halimun Saulatu, kepada Penjabat Bupati Malteng agar bangun RSU di Serut. Sebab, warga didaerah itu kesulitan berobat di RSU Masohi.

“Jadi, kami bersama pak Penjabat Bupati Malteng awal Oktober 2022 lalu, kita sudah usul sarana pelayanan kesehatan rujukan  rumah sakit Pratama ke Komisi IX DPR RI. Jadi kita masih menunggu persetujuan pemerintah pusat,” terangnya.

Dia mengaku, pihaknya mengusulkan pembangunan Rumah Sakit pratama di empat lokasi didaerah itu, untuk memudahkan warga di empat wilayah itu memeriksakan diri di Rumah Sakit terdekat.

Baca Juga: Berbaju Cele, ASN Pemkot Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-94

“Intinya, bagaimana kita mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai arahan pak Penjabat Bupati Malteng,” ujarnya. (S-17)