TIAKUR, Siwalimanews – Oktovianus. Tetrapoik ditunjuk sebagai penjabat sementara kepala desa persiapan Poliu, Kecamatan Moa.

Sumpa janji jabatan dilakukan oleh Bupati Maluku Barat Daya Benyamin Thomas Noach  di  Balai Dusun Poliu, Jumat (15/12).

Dalam sambutannya, bupati mengatakan pelantikan ini meru­pakan sejarah baru khususnya untuk masyarakat Dusun Poliu yang telah dinaikkan statusnya menjadi desa persiapan.

“Saya telah mengeluarkan per­aturan bupati yang mengatur ten­tang pembentukan desa persiapan, serta mengangkat salah satu PNS yang dipercaya untuk dapat melaksanakan tugas pemerintahan sebagai penjabat,” ucap Noach.

Bupati menjelaskan untuk dinaikkan statusnya menjadi desa definitif, harus dilakukan serang­kaian proses sesuai prosedur yang diamanatkan undang-undang.

Baca Juga: BMKG: Gelombang di Perairan Laut Maluku Masih Sedang

Menurutnya desa persiapan dilaksanakan maksimal 3 tahun pemerintahan, sebelum dievaluasi meningkatkan statusnya menjadi desa definitif.

“Masyarakat harus mendukung segala persiapan-persiapan dan proses pembangunan yang menjadi tanggung jawab Penjabat Kades yang baru dilantik menuju desa definitif,” pesannya.

Diakui penunjukan Oktovianus Tetrapoik, untuk menjadi penjabat Kades Persiapan Poliu harus diterima masyarakat.

Masyarakat kiranya dapat menerima saudara Okto dengan sepenuh hati,” ujarnya.

Lebih lanjut bupati mengharapkan penjabat Kades Poliu, harus berkomitmen dalam menjalankan tugas dengan baik.

Dalam kaitan dengan penyeleng­garaan pembangunan di desa, dapat melaksanakan anggaran desa dengan transparan, melakukan pemberdayaan dengan baik.

“Lihat masyarakat dengan baik. Apa yang dirasa kurang, dapat dikoordinasikan dengan pemerintah daerah, dengan camat,  dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama,” urainya.

Turut mendampingi Bupati, Ketua TP-PKK Kabupaten MBD, Ibu Rely Noach, Waka Polres Kompol Djesi Batara, para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, Camat Moa, dan forkopimcam.(S-28)