SAUMLAKI, Siwalimanews – Stok sembako untuk kebutuhan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Tanimbar dipastikan aman menjelang perayaan Natal hingga Tahun Baru 2023.

Penjabat Bupati Kabupaten Tanimbar Daniel Indey kepada Siwalimanews usai melantik pengurus TP PKK Tanimbar di Pendopo Bupati, Sabtu (17/12) mengaku, untuk stok sembako di Tnaimbar aman menjelang Natal hingga Tahun Baru nanti, kepastian ini juga telah disampaikan Pemda Tanimbar secara resmi dalam rapat kordinasi tingkat nasional bersama Menko PMK dan beberapa menteri, serta Kapolri tentang kesiapan pasokan sembako sampai akhir tahun.

“Dalam rakor tingkat nasional, Pemda KKT telah menyatakan stok sembako maupun BBM. Untuk BBM tercukupi sampai 3 hari, tetapi masih ada tambahan dalam perjalanan, sehingga masalah BBM bisa diatasi sampai dengan Natal,” jelas bupati

Guna mengantisipasi persiapan stok sembako kata bupati, pemda akan melaksanakan pasar murah dan pembagian BLT bagi masyarakat.

“Untuk pasar murah dalam waktu dekat akan kita laksanakan, dan yang pasti sebelum Natal. Kita juga sudah melakukan pembagian BLT 2% dari DAU. Untuk Dinas Perhubungan, kemarin saya hadir langsung dan mereka sudah mendata dan memverifikasi semua data-data dari tukang ojek langsung masuk rekening. Untuk tukang ojek yang tidak memiliki SIM dan STNK tidak diberikan BLT. Ada kriteriannya, sebagai kepatuhan bagi para tukang ojek,” jelas bupati.

Baca Juga: Dinsos Gelar Bimtek Pengolahan Data Fakir Miskin

Sementara terkait dengan penerangan listrik PLN di Kota Saumlaki dan sekitarnya menurut bupati, masih dalam kondisi normal dan itu sudah dilaporkan Kepala PLN  UP3 Wilayah KKT dan MBD ke pemda.

“Untuk PLN Larat, dilaporkan bahwa Kepala PLN sementara berada di lokasi untuk memantau kondisi mesin jelang Natal dan Tahun Baru agar sudah bisa nyala 24 jam, dan ini bukan hanya berlaku saat Natal dan Tahun Baru saja, namun sementara diusahakan untuk seterusnya menyala 24 jam,” ucap bupati. (S-26)