AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka memperingati Hut Karantina Indonesia ke- 146 yang jatuh pada 18 Oktober 2023 nanti, maka Badan Karantina Indonesia (Barantin) melalui UPT Barantin di Maluku, menggelar aksi donor darah.

Kegiatan yang berlangsung dibawah sorotan tema Aksi Sosial Donor Darah ini berlangsung di Kantor Induk UPT Barantin Maluku di Dusun Kate-kate, Desa Hunut, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Jumat (6/9).

Kepala UPT Badan Karantina Indonesia Maluku Kostan kepada wartawan di sela-sela kegiatan itu menjelaskan, aksi donor darah ini dilaksanakan berdasar instruksi pusat untuk dapat melaksanakan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, dan agenda yang rutin diadakan setiap tahun pada bulan Oktober ini pun dilaksanakan.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan PMI Kota Ambon, dan bukan hanya untuk para pejabat Karantina, tetapi juga untuk masyarakat umum. Kita juga mengundang dari instansi pemerintah, dari berbagai kementerian juga hadir, dari PT Angkasa Pura, PT Pelindo, Pelni, pihak kampus Unpatti juga turut berpartisipasi untuk mendonorkan darah,” ujarnya.

Kostan mengaku, untuk target aksi ini bagi Maluku adalah, 60 kantong darah. Sedangkan target untuk seluruh UPT Barantin di Indonesia adalah 14.600 kantong.

Baca Juga: Dua Residivis Narkoba ini Divonis Bervariasi

Aksi ini diharapkan menjadi aksi yang aktif dan mengetuk sisi kemanusiaan setiap individu akan pentingnya menolong sesama manusia dalam menyumbangkan tetesan darah.

“Ini merupakan bentuk aksi nyata dari kepedulian Karantina Indonesia dalam membantu sesama yang membutuhkan. Bagi penyumbang, diharapkan dapat bermanfaat untuk kesehatannya, sebab melalui donor darah, ini adalah salah satu alternatif menjaga kesehatan,” ucapnya.

Selain itu tambah Kostan, dengan aksi ini pula diharapkan dapat membantu persediaan stok darah di PMI Kota Ambon.

Dijelaskan, hari Karantina Indonesia ke-146 tahun ini 18 Oktober dan mengambil tema Karantina Indonesia, Makin Kuat untuk Indonesia Hebat”.

Selain donor darah, ada beberapa kegiatan yang juga dilaksanakan antara lain Karantina cup, lomba video masak menu khas untuk Dharma Wanita Persatuan. Q-Virtual Race (Run and Bike), tarik tambang online, media campaign, hingga apel Hari Karantina.

“Puncak acara akan dilaksanakan pada 18 Oktober 2023 di Kantor Badan Karantina Indonesia,” pungkasnya.(S-25)