Ambon, Siwalimanews – Jabatan empat pejabat utama di Polda Maluku  yakni Karo Rena, Karo SDM, Karo Log, dan Kabid Keuangan serta Kapolres Kepulauan Aru dimutasikan.

Pergeseran posisi ditandai dengan proses serah terima jabatan yang dipimpin Kapolda Maluku, Irjen Refdi Andri di Ruang Rapat Utama Polda Maluku, Senin (4/1).

Mutasi jabatan dilakukan berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST 3233/XI/KEP/2020 maupun ST 3235/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November 2020. Dimana, Karo SDM Polda Maluku yang sebelumnya dijabat  Kombes Dwita Kumu Wardana diganti oleh Kombes Muhamad Yusup yang sebelumnya menjabat Dosen Utama Akpol Lemdiklat Polri.

Sementara Kombes Dwita Kumu Wardana dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dalpers SSDM Polri dalam rangka mengikuti Pendidikan Sespimti Polri Dikreg ke-30 Tahun 2021.

Karo Perencanaan dan Anggaran Polda Maluku Kombes Eko Suprihanto dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Srena Polri dalam rangka dikreg Sespimti Polri, jabatan yang ditinggalkannya ditempati oleh pejabat baru Kombes Teguh Trisasongko yang sebelumnya bertugas di Divisi Hubinter Mabes Polri.

Baca Juga: Kapolda Lantik Irwasda dan Dir Sabhara

Sedangkan jabatan, Kabid Keuangan Polda Maluku yang sebelumnya dijabat Kombes Agus Budi Setiyono digantikan oleh AKBP Adityanto Budi Satrio yang sebelumnya menjabat Wadirreskrimum Polda Maluku. Setiono sendiri dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Selanjutnya, Kombes Chairul Aziz yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri akan mengisi posisi baru sebagai Karo Logistik Polda Maluku mengantikan  Kombes I Gusti Ketut Sudarsana yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Jianstra Slog Polri.

Selain empat jabatan utama di Polda Maluku, jabatan Kapolres Aru juga masuk dalam jajaran mutasi di STR Kapolri tersebut. Posisi Kapolres Pulau Aru yang sebelumnya dijabat AKBP Eko Budiarto digantikan oleh AKBP Sugeng Kundarwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kadenma Korpolairud Baharkam Polri. Sementara AKBP Eko Budiarto diangkat dalam jabatan baru sebagai Wakapolresta Samarinda.

Dalam proses sertijab , Kapolda mengatakan, jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan, sehingga setiap personel dituntut dapat menampilkan kinerjanya yang membawa perubahan pada masing-masing satuan kerja.

“Terima kasih kepada para pejabat dan kapolres yang baru diganti atas pengabdian dan darma baktinya selama menjalankan tugas di satker masing-masing. Kepada para pejabat yang baru, selamat datang dan segera menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik,” pinta Kapolda. (S-45)